Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Flash Card Terhadap Hasil Belajar Tematik
Abstract
Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media flash card terhadap hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-eksperimental. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas peserta didik dengan menggunakan media flash card. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas I yaitu kelas I-A dan I-B yang berjumlah 48 peserta didik. Hasil penelitian, menunjukan bahwa ada pengaruh media pembelajaran flash card terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas I SD Negeri 5 Babatan Tahun Pelajaran 2018/2019.
Kata kunci: flash card, hasil belajar, pembelajran tematik.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anggraini, Selvy Dwi. 2010. Efektivitas Penggunaan Metode Glenn Doman Dalam Bentuk Flashcard Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Cerebral Palsy Di Slb D Ypac Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010. Universitas Sebelas Maret.https://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/12373/MjY5MzU=/Efektivitas-penggunaan-metode-glenn-doman-dalam-bentuk-flashcard-terhadap-peningkatan-kemampuan-membaca-anak-cerebral-palsy-di-SLB-D-YPAC SURAKARTA-tahun-ajaran-20092010.pdf. (Diakses pada tanggal 23 November 2018)
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Buchoril, Achmad dan Setyawati, Rina Dwi. 2015. Development Learning Model Of Charactereducation Through E-Comic In Elementary School. Jurnal Internasional. Vol. 3 No. 9 September 2015. http://www.ijern.com/journal/2015/September-2015/30.pdf. (Diakses pada 6 November 2018)
Kosasih, Nandang dan Sumarta, Dede. 2013. Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi kecerdasan. Bandung: Alfabeta.
Lestari, Noviana Tri, et al. 2013. Penggunaan Media Kartu Huruf Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Aksara Jawa Siswa Sekolah Dasar. Universitas Sebelas Maret. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/viewFile/1606/1179%20%20%5B22. (Diakses pada tanggal 23 November 2018)
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sari, Indah Purnama. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Flash Card Terhadap Peningkatan Kemampuan Berhitung Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar. Universitas Lampung. http://digilib.unila.ac.id/31565/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf. (Diakses pada tanggal 9 November 2018)
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wahyuni, Sri. 2010. Cepat Bisa Baca. Jakarta: PT Gramedia.
Wahyuningsih, Tiwik. 2014. Penggunaan Kartu Kata Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Anak Usia Dini di RA Hasanah Trenten Candimulyo Kabupaten Magelang. Universitas Islam Negeri Kalijaga Yogyakarta. http://digilib.uinsuka.ac.id/14051/2/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf. (Diakses pada tanggal 24 November 2018)
Zuhriyyah, Aminatuz. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Flash Card Ipa Pada Anak Tunarungu Kelas VII SMPLB. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/3225/1/SKRIPSI.pdf. (Diakses pada tanggal 23 November 2018)
Refbacks
- There are currently no refbacks.