Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar
Abstract
The purpose of this research was to find out the positive and significant effects on the application of mind mapping learning model of thematic learning result. This research type was experiment. The research design used was non-equivalent control group design. The population of this research was 56 students. The instruments of the research are test and questionnaire. The result showed that there was a positive and significant influence on the application of mind mapping learning model to the thematic learning result of fifth grade student of SD Negeri 4 Metro Utara.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar tematik. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 56 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas V SD Negeri 4 Metro Utara.
Kata kunci: hasil belajar, tematik, mind mapping.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agustin, Winda Fitriani. 2015. Penggunaan Model Mind Mapping dalam Peningkatan Hasil Belajar IPS Tentang Perkembangan Teknologi Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Jatisari Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2014/2015. Kalam Cendekia. Vol. 4. No. 1.1. 17-24.
Fahmi, Ahmad. 2015. Penggunaan Model Mind Mapping dalam Peningkatan Pembelajaran PKn pada Siswa Kelas IV SD Negeri Ambalkliwonan Tahun Ajaran 2014/2015. Kalam Cendekia. Vol. 5, No. 1.1. 53-59.
Fatimah, Feti. 2013. Penggunaan Model Mind Mapping dalam Peningkatan Pembelajaran PKn Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Kalam Cendekia. Vol. 1, No. 4. 1-7.
Handayani, Eka Selvi. 2017. Penggunaan Model Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn pada Siswa Kelas IV SDN 012 Malinau Utara Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendas Mahakam. Vol. 2, No. 3. 214-223.
Hidayat, Fajar Makkih. 2016. Penerapan Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. JPGSD. Vol. 04, No. 02. 121-131.
Nugraha, Anggi Purwa. 2016. Pengaruh Model Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Meneladani Patriotisme Pahlawan. Pedadidaktika. Vol. 3, No. 1. 94-99.
Nurkamaliah, Arini. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Berbantu Media Diaroma terhadap Hasil Belajar Siswa Pembelajaran Tematik Kelas IV SD Muhammadiyah 01 Pekalongan. Jurnal Guru Kita (JGK). Vol. 1, No. 3. 65-73.
Nurroeni, Chusnul. 2013. Keefektifan Penggunaan Model Mind Mapping terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA. Journal of Elementary Education. Vol. 2, No.1. 54-60.
Putri, Anandita Cyntisa Dwi. 2018. Pengaruh Model Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdeaan. Pedadidaktika. Vol. 5, No. 1. 118-126.
Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumaraning, Ni Putu. 2014. Pengaruh Model Mind Mapping terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV di Desa Sinabun Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 2, No. 1. 1-10.
Sunarman, I Putu Agus. 2015. Model Pembelajaran Mind Mapping Berpengaruh terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus 2 Luwus-Mekarsari. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 3, No. 1. 1-10.
Syam, Natriani. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV SDN 54 Kota Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan. Vol. 5, No. 3. 184-197.
Tim Penyusun. 2011. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.
Wibowo, Nur. 2017. An Application of Mind Mapping Teaching Model to Enhance Natural Science Learning Achievement in the Fifth Graders in the First Semester at SD N 4 Kaliuntu. International Journal of Elementary Education. Vol. 1, No. 4. 244-248.
Windura, Susanto. 2013. 1st Mind Map Untuk Siswa, Guru, dan Orang Tua. Jakarta: Gramedia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.