Pengaruh Ice Breaker Jenis Games terhadap Hasil Belajar Tematik

Villa Cynthia Devi, Muncarno Muncarno, Yulina H.

Abstract

The purpose of the research was to determine the influence of the ice breaker learning method games types to the result of thematic learning student of fifth grade at SD Negeri 5 Metro Pusat. The types of the research was experimental research. The design of the research used quasi experimental design. The data collection technique used cognitive tests. The data analysis techniques used the pooled variance t-test statistical test. The learning results of this research used the result of cognitive learning. Determination of research samples used purposive sampling. The results showed that there was a significant influence of the ice breaker learning method games types to the result of thematic learning student of fifth grade at SD Negeri 5 Metro Pusat with tcount> ttable that is 2.670>2,000 (with α = 0.05).

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran ice breaker jenis games terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas V SD Negeri 5 Metro Pusat. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan quasi experimental design. Teknik pengumpul data menggunakan tes kognitif. Analisis data menggunakan uji statistik t-test pooled varians. Hasil belajar dalam penelitian ini menggunakan hasil belajar ranah kognitif. Penentuan sampel penelitian menggunakan sampling purposive. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada metode pembelajaran ice breaker jenis games terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas V SD Negeri 5 Metro Pusat dengan thitung > ttabel yaitu 2,670 > 2,000 (dengan α = 0,05).

 

Kata kunci: hasil belajar, ice breaker, tematik.

References

Abidin, H. A. Zaenal. (2018). Hubungan Ice Breaker Dan Motivasi Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar IPS. Joyful Learning Journal. Volume 7. Nomor 2.

Al Faruqi, Ahmad Irfan. (2016). Meningkatkan Daya Serap Siswa Pada Pembelajaran Geometri Menggunakan Ice Breaking. Jurnal Riset Pendidikan. Volume 2. Nomor 1.

Ambini, R. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Melalui Pemberian Ice Breaker Pada Siswa Kelas V Sdn Monggang. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 29 Tahun ke 5.

Basyarudin. (2019). Peningkatan Efektivitas Pembelajaran IPS Melalui Penggunaan Ice Breaker Humour Di Kelas V SD Negeri 22 Bengkalis. Volume 3. Nomor 1.

Bahri, Saepul. (2018). Pengaruh Penerapan Ice Breaking terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Plus Darul Hufadz Sumedang. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.

Fanani, Achmad. (2010). Ice Breaking Dalam Proses Belajar Mengajar. Volume 6. Nomor 11.

Febriandari, Efi Ika. (2018). Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Menerapkan Ice Breaking dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset dan Konseptual. Volume 3. Nomor 4.

Husna Mu’azarotul. (2018). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Mi Al-Ishlah Tiudan Gondang Tulungagung. IAIN Tulung Agung.

Irachmat, Miftahur Reza. (2015). Peningkatan Perhatian Siswa Pada Proses Pembelajaran Kelas III Melalui Permainan Ice Breaking di SDN Gembongan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 2 Tahun ke IV Volume 4. Nomor 2.

Kemendiknas. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Depdiknas.

Luthfi, Moh. Fatih. (2014). Pembelajaran Menggairahkan Dengan Ice Breaking. Volume 1. Nomor 1.

Parasanti, Indah. 2018. 33 Ide Ice Breaker. Bogor. Azkiya.

Ratnasari, Erma. (2016). Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Strategi Ice Breaker Pada Anak. Volume 5. Nomor 12.

Said, M. (2010). 80+ Ice Breaker Games Kumpulan Permainan Penggugah Semangat. Yogyakarta. Andi Offset.

Sumardani. (2014). Pengaruh Penerapan Teknik Ice Breaker Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar. Volume 3. Nomor 10.

Sunarto. (2013). Ice breaker dalam pembelajaran aktif. Surakarta. Cakrawala Media.

Suryosubroto. (2009). Proses Pembelajaran Mengajar Di Sekolah. Jakarta. Rineka cipta.

Valentina, Natalius. (2017). Pengaruh Ice Breaker Terhadap Konsentrasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Mojokerto 1, Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Volume 2, Nomor 2.

Wulandari, Vinda Utami. (2018). Pengaruh Penerapan Ice Breaker Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV SDN 4 Cakranegara Tahun Pelajaran 2017/2018. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram.

Yusuf, A. Muri. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta. Prenadamedia Group.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.