PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ICARE TERHADAP HASIL BELAJAR

Eka Fitriana, Riswandi Riswandi, Sugiyanto Sugiyanto

Abstract

The problem in this study is the low learning outcomes of students in thematic learning at SD 1 Labuhan Ratu. This study aims to determine the effect of the ICARE learning model on the participants' integrated thematic learning outcomes. This type of research is quasi-experimental design with nonequivalent control group design. The outcome of this study was 60 grade students. The sample in this study was VA class as an experimental class with 29 students and VB class as control with 31 students. Data collection techniques are documentation and tests. Based on the results of the analysis there are differences and the influence of the use of the ICARE learning model on learning outcomes of fifth grade students of SD Negeri 1 Labuhan Ratu.    


Masalah dalam penelitian  ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik di SD Negeri 1 Labuhan Ratu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ICAREterhadap hasil belajar tematik terpadu peserta didik. jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment design, dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Poulasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V sebanyak 60 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelas eksperimen sebanyak 29 peserta didik dan kelas VB sebagai kelas kontrol sebanyak 31 peserta didik. Teknik pengambilan data  menggunakan dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis terdapat perbedaan dan pengaruh penggunaan model pembelajaran ICARE terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 1 Labuhan Ratu.

Kata kunci : hasil belajar, model pembelajaran ICARE, pembelajaran tematik.

References

Wulandari, D. Dwi, F.P. Hartati, S. 2017. Pengembangan Pembelajaran ICARE-K Berkarakter untuk Membekali Kemampuan Keterampilan Proses IPA Mahasiswa Calon Guru SD. Universitas Negeri Semarang, Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED. 7:337-345.

Kemendikbud. 2013. Permendikbud No 54 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta.

Imania, K.A.N. Bariah, S.H. 2018. Pemanfaatan Program Pembelajaran Lovaas (ABA) dengan Pendekatan ICARE dalam Meningkatkan Kemampuan General Life Skill Anak Autis. Institut Pendidikan Indonesia. Jurnal PETIK . 4: 57-70.

Nosadi. 2011. Model ICARE (introduction connection application reflection extention) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Teknik Informatika. Jurnal Of Islamic Religious Intruction. 4:61-62.

Syahidatulfalah, S. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbasis ICARE untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Pencemaran Lingkungan. UIN Sunan Gunung Jati. Jurnal Prima Edukasi. 4:1-11.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

UU RI No. 20 Tahun 2003. Undang-undang SISDIKNAS 2003. Jakarta: Sinar Grafika.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.