PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ICARE TERHADAP HASIL BELAJAR
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik di SD Negeri 1 Labuhan Ratu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ICAREterhadap hasil belajar tematik terpadu peserta didik. jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment design, dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Poulasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V sebanyak 60 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelas eksperimen sebanyak 29 peserta didik dan kelas VB sebagai kelas kontrol sebanyak 31 peserta didik. Teknik pengambilan data menggunakan dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis terdapat perbedaan dan pengaruh penggunaan model pembelajaran ICARE terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 1 Labuhan Ratu.
Kata kunci : hasil belajar, model pembelajaran ICARE, pembelajaran tematik.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Wulandari, D. Dwi, F.P. Hartati, S. 2017. Pengembangan Pembelajaran ICARE-K Berkarakter untuk Membekali Kemampuan Keterampilan Proses IPA Mahasiswa Calon Guru SD. Universitas Negeri Semarang, Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED. 7:337-345.
Kemendikbud. 2013. Permendikbud No 54 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta.
Imania, K.A.N. Bariah, S.H. 2018. Pemanfaatan Program Pembelajaran Lovaas (ABA) dengan Pendekatan ICARE dalam Meningkatkan Kemampuan General Life Skill Anak Autis. Institut Pendidikan Indonesia. Jurnal PETIK . 4: 57-70.
Nosadi. 2011. Model ICARE (introduction connection application reflection extention) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Teknik Informatika. Jurnal Of Islamic Religious Intruction. 4:61-62.
Syahidatulfalah, S. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbasis ICARE untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Pencemaran Lingkungan. UIN Sunan Gunung Jati. Jurnal Prima Edukasi. 4:1-11.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
UU RI No. 20 Tahun 2003. Undang-undang SISDIKNAS 2003. Jakarta: Sinar Grafika.
Refbacks
- There are currently no refbacks.