Pengaruh Straregi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Tematik

Kurnia Putri, Nelly Astuti, Muncarno Muncarno

Abstract

This study aims to analyze and find out the positive and significant effects of active learning strategies on index card match types on the results of learning thematic. The type of the research was quantitative of  experimental methods. The research design used is non equivalent control group design. The data collection is a test. The result there was a positive and significant influence on the active learning strategy of the index card match type on the learning outcomes of thematic.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh positif dan signifikan strategi pembelajaran aktif tipe index card match terhadap hasil belajar tematik peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif, dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu the non equivalent control group design. Pengumpulan data menggunakan tehnik tes. Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada strategi pembelajaran aktif tipe index card match terhadap hasil belajar tematik peserta didik.

 

Kata kunci: index card match, hasil belajar tematik

References

Andriani, Fitriani. 2015. Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Dalam Mengelola Pembelajaran Tematik Integratif Kurikulum 2013 Pada Pengajaran Micro Di PGSD UAD Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Aris. 2014. Penerapan Strategi Index Card Match sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V MI Ma’arif Gemampang Salam Magelang. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Aska, Akbar. 2014. Pengaruh Pembelajaran Active Learning dengan Strategi Index Card Match terhadap Hasil Belajar IPA Materi Energi dan Penggunaannya Siswa Kelas IV SD Bakti Mulya 400 Jakarta Selatan. Jakarta: Universitas Islam Negeri Jakarta.

Kadir, Abdul. 2015. Pembelajaran Tematik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nanda. 2017. The Effect of Index Card Match Model on Students Learning Outcomes and Activity in Ecosystem Topic for Grade X SMA N 8 Medan. Vol.8, No. 33.

Novalia, Maria. 2018. The Effect of Index Card Match Method And Learning Motivation Toward Student’s Learning Outcomes In Elementary School. Vol. 8, No. 1.

Silberman, Melvin. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif Nusamedia. Bandung.

Suwarni, Al Suwartiani. 2017. Model Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mapel IPS Kelas VI SD. Vol. 1, No. 1.

Ubaed. 2014. Implementasi Strategi Index Card Match Dalam Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V DI sd Muhammadiyah 3 Nusukan Surakarta. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Wahyuni, Sri. 2013. Pengaruh Penggunaan Strategi Index Card Match (ICM) dalam Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Bangkinang. Riau: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.