PENGGUNAAN POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS
Abstract
This research was aim to increase the activity as well as student learning outcomes by using Power Point media. This research used Classroom Action Research (CAR) method with three cycles where each cycle consisting of four phases; planning, implementation, observation, and reflection. Data were collected through observation sheets and test instruments at each cycle. Analysis of data used qualitative and quantitative data analysis. Based on the analysis of the data, showed that using Power Point in Social Sciences at A fourth grade of Elementary School 1 Sukaraja Tiga East Lampung can increase the activity and student learning outcomes.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media Power Point. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan instrumen tes pada setiap siklus. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan media Power Point pada pembelajaran IPS kelas IV A SD Negeri 1 Sukaraja Tiga Lampung Timur dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Kata kunci: power point, aktivitas, hasil, IPS
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Andi. 2009. Short Course: Microsoft Power Point 2007. Wahana Komputer. Semarang
Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran (Peranananya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran). Gava Media. Yogyakarta.
Dimyati & Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.
Hasanah, Ulfa. 2010. Penggunaan Media Slide Power Point Dalam Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Matematika Kelas V Sekolah Dasar Negeri 03 Metro Barat Tahun Pelajaran 2009/2010. (Skripsi). Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Solihatin, Etin & Raharjo. 2007. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Sinar Grafika Offset. Jakarta.
Tim Penyusun. 2006. Standar Isi dan Standar Kompetensi untuk Satuan Pendidikan Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah dan Menengah (Permendiknas No. 22 Tahun 2006). Depdiknas. Jakarta.
Universitas Lampung. 2011. Format Penulisan Karya Ilmiah. Universitas Lampung. Bandar Lampung.
UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sinar Grafika Jakarta.
Wardhani, IGAK. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka. Jakarta.
Yudhanto, Yuda. 2008. Tips Praktis Microsoft Power Point 2007. IDE PUBLISING. Bandung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.