Hubungan Persepsi Peserta Didik tentang Kompetensi Sosial Pendidik dengan Hasil Belajar

Lulu Ul Musayadah, Sarengat Sarengat, Yulina H.

Abstract


The purpose of research is to  find out positive and significant relationship on students' perceptions of the social competence of educators with the fifth grade thematic learning outcomes of SD Muhammadiyah Metro Pusat. This type of research is quantitative research with  ex-postfact correlation. Data collection techniques used questionnaires to obtain variable data on students' perceptions of educator social competence and documentation studies to obtain thematic learning outcome variable data. Data analysis techniques use product moment correlation formula and t-test. The results of the showed that the hypothesis test amounted to 0.0401 (with medium criteria) showed there was a significant relationship on students' perceptions of the social competence of educators with thematic learning outcomes of fifth grade students of SD Muhammadiyah Metro Pusat.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikan pada persepsi peserta didik tentang kompetensi sosial pendidik dengan hasil belajar tematik kelas V SD Muhammadiyah Metro Pusat. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif dengan metode ex-postfacto  korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk memperoleh data variabel persepsi peserta didik tentang kompetensi sosial pendidik  dan studi dokumentasi untuk memperoleh data variabel hasil belajar tematik.Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment dan uji-t. Hasil perhitungan uji hipotesis sebesar 0.401 (dengan kriteria sedang) menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan pada persepsi peserta didik tentang kompetensi sosial pendidik dengan hasil belajar tematik peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Metro Pusat.


Kata kunci: hasil belajar tematik, persepsi peserta didik, kompetensi Sosial


References


Ali, Muhammad. 2013. Hubungan antara Persepsi Siswa terhadap Kompetensi Guru, Konsep Diri, Sikap, dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Sosial. Vol. 3 Nomor 2

Alquran Terjemahan, 2017. Jawa Timur: Departemen Agama RI. Halim

Aminarso, Suryo Nakulo. 2017. Hubungan Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Sosial Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Undergraduate (S1) UIN Sunan Kalijaga

Andari, Dhita Septika. 2013. Hubungan Persepsi Siswa atas Dukungan Sosial Guru dengan Self Efficecy Pelajaran Matematika pada Siswa SMA Negeri 14 Surabaya. Jurnal Psikologi Pendidikan. Vol. 2 Nomor 3

Asmar, 2018. Persepsi Siswa atas Kompetensi Sosial Guru dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika. Vol. 3 Nomor 2

Cahyadi, Febri Dwi. 2014. Hubungan antara Persepsi Siswa terhadap Kompetensi Pedagodik, Kompetensi Kepribadian, dan Kompetensi Sosial Guru dengan Motivasi Berprestasi Siswa Akselerasi di SMA Negeri 1 Gresik. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan. Vol. 3 Nomor 2

Dalyono, Muhammad. 2005. Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta: Jakarta

Depdiknas. 2003. Undang-undang No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Dimyati & Mujiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Dodi, Bambang. 2014. Hubungan Persepsi Siswa tentang Kompetensi Guru. Jurnal Pendidikan. Vol. 2 Nomor 3

Kencana, Sri. 2010. Hubungan Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Guru Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Dasar Negeri di Jalan Danau Singarak Medan. Mendan: UIN-SU

Manaf, Abdul. 2013. Hubungan Persepsi Siswa tentang Kompetensi Sosial para Guru dengan Motivasi Belajar Siswa di SMA N 1 Singosari Malang

Prasanti, Anita 2017. Persepsi Siswa tentang Kompetensi Sosial Guru. Jurnal Psikologi Pendidikan. Vol. 3 Nomor 2

Rahmawati, Nanik. 2017. Hubungan Persepsi Siswa tentang Kompetensi Sosial Guru dengan Motivasi Siswa Kelas VII SMPN 12 Kota Lubuk Linggau. Jurnal thesis UNIB

Sholikhah, Maratus. 2013. Hubungan antara Pesrsepsi Siswa tentang Kompetensi Sosial Guru PAI terhadap Akhlak Siswa Kelas V SDN Kalisari 3 Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobongan.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R &D. Bandung: Alfabeta

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group


Refbacks

  • There are currently no refbacks.