Hubungan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik

David Angrayana, Darsono Darsono, Sugiman Sugiman

Abstract

The problem in this study is the low interest in learning and mathematics learning achievement. The purpose of this study is to determine the relationship of interest in learning on the mathematics learning achievement of the fifth grade students at SD Negeri III Kampung Baru. The type of the research is correlational. Population and samples in this study were 28 students. Data collection is done by using questionnaires and documentation.  Hypothesis testing was done by using product moment Pearson correlation formula with significant coefficient value 0.511. The results showed a positive and significant relationship between the interest of learning on the mathematics learning achievement of the fifth grade.


Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar dan prestasi belajar matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas V SD Negeri III Kampung Baru. Jenis penelitian ini yaitu korelasional. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment dengan nilai koefisien korelasi r = 0,511. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar matematika peserta didik.

 

Kata kunci: Prestasi Belajar, Minat Belajar, Matematika

References

Ahmadi, Abu. 2007. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalyono, M. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: CV Pendoman Ilmu Jaya.

Djamarah. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Haryati, Nanik. 2015. Hubungan Antara Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD SE-Gugus Wonokerto Turi Sleman. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/1164.Internet diakses 15 November 2018 Pukul 15:00 WIB

Sadirman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada media Group.

Syah. 2013. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Taufani. 2010. Minat Faktor faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka cipta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendikbud.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.