Implementasi Learning Organization di SD Negeri 2 Perumnas Way Halim

Rahayu Trisniati, Riswandi Riswandi, Loliyana Loliyana

Abstract

The problem in this research is that school did not recognize if it has implemented the learning organization and have not used the concept as a whole. This research aims to describe and explain the implementation of learning organization. The method used is descriptive qualitative. Data collection was done through observation, interview and documentation. Data analysis is done by using data reduction, data display, and verification. The data source consists of principal, teachers, staf administration, school committee, and parents of students. The focus in this study is descriptive study implementation of learning organization, with sub focus (1) implementation of personal mastery, (2) implementation of mental models, (3) implementation of shared vision, (4) implementation of team learning, (5) implementation of  thinking system. The result obtained in this study showed that the implementation of learning organization is good implemented.

 

 

Masalah penelitian ini adalah sekolah tidak mengetahui jika sudah menerapkan learning organization dan belum menggunakan konsep secara utuh. Penelitian bertujuan mendeskrisipkan dan menjelaskan implementasi learning organization. Metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data,  dan menarik kesimpulan. Sumber data: kepala sekolah, pendidik, staf tata usaha, komite, dan orang tua peserta didik. Fokus penelitian ini ialah studi deskriptif implementasi learning organization di SD Negeri 2 Perumnas Way Halim Bandar Lampung, dengan subfokus penelitian: (1) implementasi personal mastery, (2) implementasi mental models, (3) implementasi shared vision, (4) implementasi team learning, dan (5) implementasi system thinking. Hasil penelitian didapatkan bahwa implementasi learning organization sudah diterapkan dengan baik.

 

Kata kunci: Learning Organization

References

Bawono, S., et al. 2010. Analisis Persepsi Penerapan Model Organisasi Pembelajaran di PTN “X”. Journal Of Busines Strategy and Excecution. 3(1). 72-89. http://journal.binus.ac.id /index.php/JBSE/article/view/204. Diakses pada Tanggal 30 Oktober 2018.

Budihardjo, A. 2017. Knowledge Management: Efektif Berinovasi Meraih Sukses. Jakarta: Prasetiya Mulya Publishing.

Dharma, S. 2001. Manajemen Kerja. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ismail, D. H. 2016. Strategi Mewujudkan Suatu Organisasi Pembelajar. Jurnal Lentera Bisnis. 5(1). 9-30. http://plj.ac.id/ojs/index.php/jrlab/article/download/65&usg. Diakses pada Tanggal 19 November 2018.

Komariah, A., & Triatna, C. 2010. Visionary Leadership: Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Munandar, A.S. 2003. Learning Organization dan Penerapannya dalam Dunia Usaha Makalah Seminar Industri Kolokium Di Makassar. (Tidak Diterbitkan).

Nggili, R. A. 2016. Pendekatan System Thinking dalam kepemimpinan Transformasional. Jurnal Humaniora Yayasan Bina Darma. 3(2). 169-183. https://jurnalilmiahpaxhuana.og/index.php/ph/article/downloadsupp file/80/11&ved. Diakses pada Tanggal 26 November 2018.

Robbinns, S. P. 2001. Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi, Aplikasi, Jilid 1, Edisi 8. Jakarta: Prenhallindo.

Senge, P. M. 1990. The Fifth Disciplin: The Art & Practice the Learning Organization. New York: Doubleday, Random House.

Senge, P. M. 1996. Disiplin Kelima: Seni & Praktek dari Organisasi Pembelajar, (Alih Bahasa Nunuk Ardiarni). Jakarta: Binarupa Aksara.

Tarigan, B. A. 2016. Learning Organization: Konsep dan Penerapan di Universitas Universitas Tama Jagakarsa. Jurnal Ekonomi Keuangan dan Manajemen. 11(1). 13-28. http://jagakarsa.ac.id/download.php/file=img/files/learningorganizationkonsepdanpenerapandiuniversitastamajagakarsa.pdf. Diakses pada Tanggal 18 Oktober 2018.

Tee, N. P. 2005. The Learning School: Innovation and Enterprise. Singapore: Pearson Prentice Hall.

Tobing, S. Y. L., & Fitriati, R. 2009. Pengaruh Organisasi Pembelajar terhadap Kompetensi Pegawai Bank. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi. 16(1). 25-35. http://journal.ui.ac.id/jbb/article/viewFile/601/586. Diakses pada Tanggal 5 Februari 2019.

Wiyono, G. 2017. Strategi Penerapan Organizational Learning untuk Membentuk Guru Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Edukasi Elektro. 1(1). 69-77. https://journal.uny.ac.id/ index.php/jee/article/dowload/15113/9630. Diakses pada Tanggal 26 November 2018.

Yusuf, S. LN. 2008. Mental Hygiene. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.