Implementasi Learning Organization untuk Mencapai Sekolah Efektif

Fajar Tri Nastiti, Riswandi Riswandi, Sugiyanto Sugiyanto

Abstract


The problem in this research is that school did not recognize if it has implemented the learning organization to achieve school effectiveness. This research aims to describe and explain the implementation of learning organization towards the school effectiveness. The method used is descriptive qualitative. Data collection was done through interview, observation and documentation. Data analysis is done by using data reduction, data display and verification. The data source consists of principal, teachers, staf administration, school committee and parents. The focus in this study is descriptive study implementation learning organization to achieve effectiveness school, with subfocus (1) implementation of personal mastery to achieve school effectiveness, (2) implementation of thinking system to achieve school effectiveness, (3) implementation of mental models to achieve school effectiveness, (4) implementation of shared vision to achieve school effectiveness, (5) implementation of team learning to achieve school effectiveness. The result of this research is implementation of learning organization affects school effectiveness.


Masalah dalam penelitian ini adalah sekolah tidak mengetahui jika sudah menerapkan learning organization untuk mencapai sekolah efektif. Penelitian bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan implementasi learning organization untuk mencapai sekolah efektif. Metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sumber data: kepala sekolah, pendidik, staf tata usaha, komite dan orang tua peserta didk. Fokus dalam penelitian ini ialah studi deskriptif implementasi learning organization untuk mencapai sekolah efektif di SD Negeri 2 Perumnas Way Halim Bandar Lampung, dengan sub fokus penelitian: (1) implementasi personal mastery untuk mencapai sekolah efektif, (2) implementasi system thinking untuk mencapai sekolah efektif, (3) implementasi mental models untuk mencapai sekolah efektif, (4) implementasi shared vision untuk mencapai sekolah efektif, (5) implementasi team learning untuk mencapai sekolah efektif. Hasil dari penelitian ini adalah Implementasi Learning Organization mempengaruhi tercapainya sekolah efektif di SD Negeri 2 Perumnas Way Halim.

 

Kata kunci:learning organization, sekolah efektif


References


Ahmad, A. R., & Marinah, A. 2013. Learning Organization and Organizational Commitment in Primary School. Journal DOI. Vol. 60(12). 55-59. http://www.ipedr.com/vol60/012-ICEMI2013-K00038.pdf. Diakses pada Tanggal 3 November 2018.

Anwar, S. S. 2014. Tanggung Jawab Pendidikan dalam Perspektif Psikologi Agama. Jurnal Ilmiah Psikologi. Vol. 1(1). 11 – 21. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/psy/article/download/463/471. Diakses pada Tanggal 23 April 2019.

Budihardjo, A. 2017. Kowledge Management: Efektif Berinovasi Meraih Sukses. Jakarta: Prasetya Mulya Publishing.

Chang, S. C., dan Lee, M. S. 2007. A Study on Relationship Among Leadership, Organizational Culture, The Operation of Learning Organization and Employee’s Job Satisfaction. The Learning Organization. Vol. 14(2). 155 -185.

Irwandi, S., et al. 2016. Peran Sekolah dalam menumbuhkembangkan Perilaku Hidup Sehat pada Siswa Sekolah Dasar (Studi Multi Situs Di Sd Negeri 6 Mataram dan Sd Negeri 41 Mataram Kota Mataram Nusa Tenggara Barat). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Vol. 1(3). 492-498. http://journal.um.ac.id. Diakses pada tanggal 9 Januari 2019.

Katman. 2010. Efektivitas Sekolah pada SD Fransisco Yashinta dan SD Nur Islam di Kabupaten Nunukan Proinsi Kalimantan Timur (Kasus Sekolah Anak TKI di Daerah Perbatasan). (Tesis). Universitas Indonesia. lib.ui.ac.id/file?file=digital/136291-T%2028150 Efektivitas%20sekolah...pdf. Diakses pada Tanggal 11 Januari 2019.

Komariah, A. & Triana, C. 2010. Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Maguni, W. 2014. Manajemen Organisasi Pembelajaran dan Kepemimpinan. Jurnal Al-Ta’dib. Vol. 7(1). 131-148. https://media.neliti.com/.../235784-manajemen-organisasi-pembelajaran-dan-ke-973d...pdf. Diakses pada Tanggal 11 Januari 2019.

Maryani, Donna, M., & Hapsari, M. 2010. Building Learning Culture Towards A learning Organization to Empower Employee’s Knowledge. Jurnal Comtech.Vol.1(2).1196-1209. https://media.neliti.com/media/publications/166138-ID-building-learning-culture-towards-a-lear.pdf. Diakses pada Tanggal 19 November 2018.

Mutmainah. 2017. Perilaku Kepemimpinan, Iklim Sekolah dan Sekolah Efektif. Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol. 24(1). 163-172.

https://media.neliti.com/media/publications/75973-ID-perilaku-kepemimpinan-iklim-sekolah-dan.pdf. Diakses pada Tanggal 5 November 2018.

Panigrahi, M. R. 2013. School Effectiveness at Primary Levels of Education in Relation to Community Participation. International Journal on New Trends in Education and Their Implications. Vol. 4. 171-184. http://www.ijonte.org/FileUpload/ks63207/File/07.panigrahi.pdf. Diakses Pada Tanggal 30 Oktober 2018.

Priansa, D. J., & Somad, R. 2014. Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekola. Bandung: Alfabeta.

Priatna, A. 2018. Manajemen Pengembangan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol. 25(1). 80-90. http://ejournal.upi.edu/index.php/JAPSPs/article/download/11575/6953. Diakses pada Tanggal 23 April 2019.

Riswandi . 2009. Peningkatan Kompetensi Profesional Guru: Studi Kualitatif terhadap Guru SMA Negeri di Kota Jambi. (Disertasi). Jakarta : Universitas Negeri Jakarta.

Senge, P. M. 1990. The Fifth Disciplin: The Art & Practice the Learning Organization. New York: Doubleday, Random House.

Wiyono, G. 2017. Strategi Penerapan Organizational Learning untuk Membentuk Guru Pembelajar di Sekolah. Jurnal Edukasi Elektro. Vol. 1(1). 69-77. https://journal.umy.ac.id/index.php/jee/article/download/15113/9630. Diakses pada Tanggal 11 Januari 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.