Kepemimpinan Kepala Sekolah SD Negeri 2 Baturaja

Ditisya Atthiyah Wiyana, Riswandi Riswandi, Sugiman Sugiman

Abstract

The purpose of this study was to describe the implementation of the role of the headmaster leadership at Baturaja Elementary School 2. The focus of this research is the role of the headmaster as an educator, manager, administrator, and supervisor. The research method used is a qualitative approach. The data were collected through interviews, observation, and documentation. The research data sources are headmaster and educators. The analysis techniques are data collection, data reduction, and data presentation. The results of the study are: 1) the headmaster as an educator, fostering and giving advice to educators, 2) the headmaster as a manager, managing, implementing and controlling and evaluating, 3) the headmaster as an administrator, managing administration and documenting school administration activities, 4 ) the headmaster as supervisor, making a supervision program, supervising supervision activities and making use of supervision results.

 

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan peranan kepala sekolah dalam kepemimpinan kepala sekolah di SD Negeri 2 Baturaja. Fokus penelitian ini adalah peranan kepala sekolah sebagai pendidik (educator), pengelola (manager), administrator, dan supervisor. Metode penelititan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, dan pendidik. Teknik analisa data yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Hasil penelitian adalah: 1) kepala sekolah sebagai pendidik yaitu membina dan pemberi nasehat kepada pendidik, 2) kepala sekolah sebagai manager yaitu mengelola, melaksanakan dan melakukan kontrol serta evaluasi, 3) kepala sekolah sebagai administrator yaitu mengatur administrasi serta mendokumentasikan kegiatan administrasi sekolah , 4) kepala sekolah sebagai supervisor yaitu membuat program supervisi, melakukan pengawasan kegiatan supervisi dan memanfaatkan hasil supervisi.

 

Kata kunci: kepala sekolah, peranan kepala sekolah

References

Arikunto. 2014. Prosedur Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Karyawatiningsih. 2012. Tugas Kepala Sekolah sebagai Administrator.http://www.academia.edu. Diakses tanggal 14 November 2018.

Mulyasa. 2009. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rivai, & Murni, Sylviana. 2009. Education Management. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sondang. 2016. Organisasi Kepemimpinan dan Perilaku Administrasi. Jurnal Studi Keislaman Vol.1 No.1. Surabaya.

Sugiyono. 2016 . Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, Agustian Nugroho. 2012. Model Mentoring Kepala Sekolah. Jurnal Pendidikan Penabur. Vol. 10 (7). Jakarta

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 . 2007. Tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.Permen Pendidikan: Indonesia.

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pasal 54 (1), 55 (1).Indonesia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.