Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar

Rifo Alfiano, Erni Erni, Fitria Akhyar

Abstract

The problem of this research was the lack of learning result of the fifth grade students at SD Negeri 1 Pinang Jaya. The purpose of this research is to find out the effect of application the cooperative learning models think pair share type on thematic learning result of the students. The type of this research is quasi experimental with a nonequivalent control group design. The population in this research are all of the fifth grade students of SD Negeri 1 Pinang Jaya. The sample of this research are the students of VA class as the experiment and VB class as the control class in SD Negeri 1 Pinang Jaya. The sampling technique used in this research is the non probability sampling techniques. The data were collected by using test technique, observation technique and documentation technique. The data analysis was done by using a simple linear regression formula. The result of the analysis show that there is an effect of the application of cooperative learning models think pair share on thematic learning result of fifth grade students of SD Negeri 1 Pinang Jaya.



Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 1 Pinang Jaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar tematik peserta didik. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 1 Pinang Jaya. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik non probability sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes, teknik observasi, dan teknik dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana. Hasil analisis menunjukan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar tematik kelas V SD Negeri 1 Pinang Jaya.

Kata kunci:  hasil belajar, pembelajaran tematik, think pair share

References

Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum. Bandung: PT. Refina Aditama

Afoan, et al. 2016. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 1 Nomor: 10. Diakses pada tanggal 29 Januari 2019 pukul 09.34 WIB.

Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/TK). Jakarta: Prenadamedia Group.

Bima. 2017. Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Termodinamika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol. 8 No. 1. Diakses pada tanggal 29 Januari pukul 16.45 WIB.

Halimah, Leli. 2017. Keterampilan Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.

Kwok, Lau. 2015. An Exploratory Study On Using The Think-Pair-Share Cooperative Learning Strategy. Jurnal. Diakses pada Tanggal 25 November Pukul 19.05 WIB.

Prasetyo, et al. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantu Permainan Teka-Teki Berantai Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V Sdn Gayamsari 01 Semarang. Jurnal Pesona Dasar Vol. 6 No. 1. Diakses pada tanggal 29 Januari 2019 pukul 09.50 WIB.

Raba. 2017. The Influence of Think-Pair-Share (TPS) on Improving Students’ Oral Communication Skills in EFL Classrooms. Jurnal. Diakses pada tanggal 29 Januari pukul 17.55 WIB.

Rahmadani. 2017. Pengaruh Pendekatan Cooperative Learning Tipe (TPS) Think, Pair, and Share Terhadap Hasil Belajar PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Premiere Educandum 7(2). Diakses pada tanggal 29 Januari 2019 pukul 09.15 WIB.

Rakhman dan Basyirun. 2014. Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Memelihara Sistem Pendingin. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol. 14 No. 1. Diakses pada tanggal 29 Januari pukul 17.03 WIB.

Reinita, Andrita. 2017. Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) dalam Pembelajaran Pkn di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar Issn 2579-3403 Volume 1, Nomor 2. Diakses pada tanggal 29 Januari 2019 pukul 09.26 WIB.

Reniastuti, Ni Wayan. 2012. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus Yos Sudarso Denpasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol 2(1). Diakses pada Tanggal 27 November 2018 Pukul 15:37 WIB.

Sudjana, Nana. 2014. Dasar Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suhendri. 2010. Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif Vol. 1 No. 1. Diakses pada tanggal 29 Januari pukul 17.15 WIB.

Suryosubroto, 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.