Pengaruh Model Think Pair Share dengan Media Gambar terhadap Hasil Belajar Tematik

Nur Hidayat, A. Sudirman, Yulina H.

Abstract


The purpose of this study is to determine the significant effect of the application of think pair share model with picture media to the results of thematic learning of fourth grade students at SDN 1 Metro Barat. This type of research was experimental research. The data colleeting techniques were non test and test technique. The result showed that t-count = 3.323> t-table = 2.021 means Ha is accepted. This means that there is a significant influence of the application of think pair share model by picture of thematic learning of grade students IV SDN 1 Metro Barat

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan model think pair share dengan media gambar terhadap hasil belajar tematik siswa  kelas IV SDN 1 Metro Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik non tes dan tes. Hasil penelitian diketahui bahwa thitung = 2.323 > ttabel = 2.021 berarti Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model think pair share dengan media gambar terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas IV SDN 1 Metro Barat.

 

Kata kunci: TPS, media gambar, pembelajaran tematik  


References


Jasma, Safira. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V SDN 12 Kecamatan Bengkaliss Kabupaten Bengkalis. Riau. Universitas Riau Pekan Baru. Jurnal Pendidikan. Vol 4 Pp 18.

Kadek, Ketut. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share berbantu media gambar terhadap hasil belajar IPS Peserta Didik kelas V SDN 1 Les. Bali Universitas pendidikan ganesa singaraja. Jurnal Pendidikan Vol: 5 No 2 pp 1-10.

Marbun, Rosita. (2013). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV SDN Panjang Selatan Bandar Lampung Tahun 2012/2013. Universitas Lampung. Pendidikan Vol: 4 No 2 pp 1-14.

Putu, Diah. (2016). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan media gambar terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas V SD Negeri Ungasan. Universitas Pendidikan Ganesa Denpasa Bali. Pendidikan Vol: 7 No 4 pp 1-11.

Fitri, Herlisnawati. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar IPS. Universitas Riau. Pendidikan Vol: 2 No 4 pp 1-10

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Setiawan, Nanang. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan media gambar terhadap Hasil Belajar Peserta Dididk pada Konsep Gaya Magnet di Kelas V Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Indonesia. Pendidikan Vol: 3 No 3 pp 1-11.

Tim Penyusun. (2009). Undangundang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.

Yusuf, Ahmad, Muri. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan: Jakarta. Kencana.

Yulianti. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share berbantu media gambar terhadap hasil belajar PKn Peserta Dididk Kelas IV Mi Terpadu Muhamadiyah Sukarame Bandar Lampung. Lampung. Universitas UIN Raden Intan. Pendidikan Vol: 54 No 2 pp 1-9.

Prasetyo. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share berbantu media gambar terhadap hasil belajar tematik peserta didikkelas V SDN Gayamsari 1 Semarang .Universitas PGRI semarang. Pendidikan Vol: 6 No 1 pp 13.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.