Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar
Abstract
The purpose of this study was to analyze and determine the significant effect of the application of the cooperative learning model of teams games tournament toward the mathematics learning outcomes of fifth grade studets at SD Negeri 8 Metro Timur. This type of research is experimental research. The research design used is non-equivalent control group design. The study population and sample is 49 students. The instrument used is a test question. Data analysis technique used is the t-test sparated varians statistical test which begins with a test of normality and homogeneity. The results of the study show that a significant level is 0.58 with a calculated value of 2.13>2.02 means it is accepted. There is a significant effect on the implementation of cooperative learning models in the type of teams games tournament on learning outcomes.
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh signifikan penerapan model cooperative learning tipe teams games touenament terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain penelitian non-equevalent control group desain. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 49 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes. Teknik analisis data menggunakan uji statistik t-test sparated varians yang diawali dengan uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa taraf signifikan sebesar 0.58 dengan nilai 2.13>2.02 berarti Ha diterima. Terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model cooperative learning tipe teams games tournamen terhadap hasil belajar.
Kata kunci: Teams games tournament, hasil belajar
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdus, (2015). Effects of using Team Games Tournaments (TGT) Cooperative Technique for Learning Mathematics in Secondary School of Bangladesh. Volume 3 issu (2015). Diakses melalui https://www.mojet.net/frontend/articles/pdf/v03i03/v03i03 04.pdf. Pada tanggal 25 April 2019 pukul 14.30 WIB.
BSNP. (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.
Dewi, Marwadi. (2017). The Application of Teams Games Tournament (TGT) to Increase Students Activeness And Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 50 (2), July 2017, 60-68. Diakes melalui https: //ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/view/11652. Pada tanggal 26 April 2019 pukul 19.00 WIB.
Emay, Wahyudin. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Ber-bantuan Media Game Online Terhadap Pemahaman Konsep dan Penalaran Matematis Siswa. Vol. 8. No.2 Hal 126-143. Diakses melalui https://media.neliti.com/media/publications/240864 pengaruh model pembelajaran kooperatif-t-045733ae.pdf. Pada tanggal 25 April 2019 pukul 14.40 WIB.
Darmayanti. (2016). Pengaruh Model TGT terhadap Hasil Belajar Matematika dengan kovariabel kemampuan Numerik pada siswa kelas V Gugus Semeru tahun pelajaran 2015/2016. Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. e- jurnal Mimbar. Vol 4, No 1. Tahun 2016. Di akses melalui https: //ejournal undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/7528/5150 pada tanggal 29 November 2018 pukul 08: 27 WIB.
Kemendiknas. (2003). Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.
Kharisma, Sujadi. (2014). Eskperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) dan Team Assisted Indivi-dualization (TAI) Pada Materi KPK dan FPB Ditinjau dari Tingkat Kecerdasan Logika Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Se-kecamatan Purwodadi Tahun Pelajaran 2013/2014. Vol.2, No.1, hal 67-76, Maret 2014. Diakses melalui http: //jurnal .fkip.uns.ac.id/inx.php/s2math/article/view/3641/2548. Pada tangga 25 April 2019 Pada pukul 14.35 WIB.
Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Oktavana, Suryandi. (2013) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD N 1 Lemburpurwo Tahun pelajaran 2012/2013. Diakses melalui http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/viewFile/1926/1420. Pada tanggal 24 April 2019 pukul 13.30 WIB.
Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja-grafindo Persada.
Slavin, Robert. (2015). Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Ujiati. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Danaraja. Univer-sitas Majalengka. Jurnal Cakrawala Pendas Vol. 3 No.1 edisi Januari 2017 ISSN: 2442-7470. Diakses melalui https: //jurnal. unma.ac.id/index.php/CP/article/download/405/385 pada tanggal 14 januari 2019 pukul 22: 12.
Yenni. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Bangkinang kota. Volume 2, No. 1, Mei 2018, pp. 154-163. Diakses melalui https://jcup.org/index.php/cendekia/article/view/41 pada tanggal 24 April 2019 pukul 13.45 WIB.
Refbacks
- There are currently no refbacks.