Hubungan Kedisiplinan Belajar dan Kebiasaan Disiplin dengan Hasil Belajar Tematik Siswa
Abstract
The purpose of the research was to analyze and to investigate the positive and significant correlation between the discipline of learning at home and the habit of discipline at school with the result of thematic learning student of fifth grade at SD Negeri 11 Metro Pusat. The type of the research was the correlation research with the quantitative approach. The data collection techniques used are observation, interviewing, documentation, and questionnaire. The result showed that there was correlation between the discipline of learning at home and the habits of discipline at school with the result of thematic learning student of fifth grade at SD Negeri 11 Metro Pusat with the coefficient correlation 0.893 marked positive with very high criteria.
Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar di rumah dan kebiasaan disiplin di sekolah dengan hasil belajar tematik siswa kelas V SD Negeri 11 Metro Pusat. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar di rumah dan kebiasaan disiplin di sekolah dengan hasil belajar tematik siswa kelas V SD Negeri 11 Metro Pusat dengan koefisien korelasi sebesar 0,893 bertanda positif dengan kriteria sangat tinggi.
Kata kunci: disiplin belajar, hasil belajar tematik.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alimaun, Imam. (2015). Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Se-Daerah Binaan R.A Kartini. Jurnal Pendidikan Dasar. Volume 2. Nomor 1. Hlm 54-62. Diakses pada URL: http://www.lib.unnes.ac.id. Diakses pada tanggal 12 Januari 2019.
Aslianda, Zainidar. (2017). Hubungan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 18 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume 2. Nomor 1. Hlm 236-243. Diakses pada URL: http://www.media. neliti.com. Diakses pada tanggal 12 Januari 2019.
Asrah, Binti. (2016). Korelasi Kedisiplinan Belajar di Rumah dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Negeri 19 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan. Volume III. Nomor 2. Hlm 44-51. Diakses pada URL: http://www.numeracy.stkipgetsempena.ac.id. Diakses pada tanggal 20 September 2018.
Cahyani, Indra. (2016). Hubungan Kebiasaan Disiplin di Sekolah dengan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Se-Gugus 4 Kecamatan Blimbing Kota Malang. (Prosiding Seminar Nasional KSDP Prodi S1 PGSD “Konstelasi Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia di Era Globalisasi”). Universitas Negeri Malang. Kota Malang. 6 pp. Diakses pada URL: http://www.karya-ilmiah.um.ac. id. Diakses pada tanggal 20 September 2018.
Fauzi, Muhammad Irfan. (2013). Hubungan Kedisiplinan Belajar di Rumah dan di Sekolah dengan prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SD se-Gugus Dewi Sartika UPPTD Tegal Selatan. Jurnal dinamika pendidikan dasar. Volume 8. Nomor 1. Hlm 44-49. Diakses pada URL: http://www.eprints.uny.ac.id. Diakses pada tanggal 10 Oktober 2018.
Kristiyanti. (2016). Hubungan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV SD Se-Gugus Diponegoro Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang. Jurnal pendidikan dasar. Volume 6. Nomor 2. Hlm 89-96. Diakses pada URL: http://www.lib.unnes.ac.id. Diakses pada tanggal 12 Januari 2019.
Pangestuti, Nina Ayu. (2017). Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SD Negeri X Kota Salatiga. Jurnal Pendidikan. Diakses pada URL: http://www.academia .edu. Diakses pada tanggal 9 April 2019.
Rusni dan Agustan. (2018). Pengaruh Kedisiplinan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. Volume 1. Nomor 1. Hlm 1-9. Diakses pada URL: http://www.journal. unismuh.ac.id. Diakses pada tanggal 12 Januari 2019.
Slameto. (2013). Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta. 195 hlm.
Sukmanasa, Elly. (2016). Hubungan antara Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Kreatif. Hlm 11-24. Diakses pada URL: https://journal.unnes.ac.id. Diakses pada tanggal 12 Januari 2019
Tim Penyusun. (2013). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang SistemPendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika. 227 hlm.
Tu’u, Tulus. (2017). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo. 139 hlm.
Refbacks
- There are currently no refbacks.