Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Think- Pair-Share terhadap Hasil Belajar

Retno Widianingrum Santoso, Suwarjo Suwarjo, Rapani Rapani

Abstract

The problem in this research is the low learning outcomes of students. The purpose of this research was to determine the effect of cooperative learning model type think-pair-share to learning outcomes. The design of this research is nonequivalent control group design with the type of research that is experimental research. The research samples were determined by usingnonprobability sampling technique. The sample was determined using saturated samples. Data collection techniques are done by non-test techniques (observation and documentation) and test techniques. The results showed that the average value of the experimental class N-Gain was 0.71, while in the control class was 0.59 with the N-Gain difference between the two classes of 0.12. The results of hypothesis testing obtained data tcount of 8.309 as for ttable of 2.021. The comparison shows that tcount > ttable is 8.309> 2.021 which means that there is a significant influence on the implementation of the cooperative learning model type think-pair-share to learning outcomes of students.

 

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning tipe think-pair-share terhadap hasil belajar. Desain penelitian ini adalah nonequivalent control group design dengan jenis penelitian yaitu penelitian eksperimen. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik nonprobability sampling.Sampel penelitian ditentukan menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik nontes (observasi dan dokumentasi) dan teknik tes. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,71, adapun di kelas kontrol sebesar 0,59 dengan selisih N-Gain kedua kelas sebesar 0,12. Hasil pengujian hipotesis diperoleh data thitung sebesar 8,309 adapun ttabel sebesar 2,021. Perbandingan tersebut menunjukkan thitung> ttabel yaitu 8,309 > 2,021 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model cooperative learning tipe think-pair-share terhadap hasil belajar peserta didik.

 

Kata kunci: think-pair-share, hasil belajar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Alfahmi, Ahmad Muzakki. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. JPGSD.Vol.2 No. 2. Hlm. 1-11. Diakses pada URLhttp://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/10580. Pada tanggal 20 Maret 2019 pukul 10.10 WIB

Ariantini, Ni Kadek Afri. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus II Kecamatan Melaya. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 5 No. 2. Hlm. 1-10. Diakses pada URL https: //www.google.com/search?q=JURNAL+NI+KADEK+AFRI+ARIANTINI&oq=JURNAL-NI+KADEK+AFRI+ARIANTINI&aqs=chrome..69i57.7429j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8#. Pada tanggal 20 Maret 2019 pukul 10.20 WIB.

Asmeli, Rezi. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe TPS terhadap Hasil Belajar PKn Kelas V Sekolah Dasar. e-Journal Inovasi Pembelajaran SD. Vol 1. Hlm. 1-14. Diakses pada URLhttps://www.google.com/searCh?safe=stricti=DZbJXJncFMHUz7sP6Ya0yAY&q=JURNAL+REZI+ASMELI&oq=JURNAL+REZI+ASMELI&gs_l=psy-ab.3..33i160l2.164475.1669 67..167230...0.0..0.327.2323.0j5j5j1......0....1..gws-wiz.......0i1 0j0j0i22i30j33i21.h5RSiHedBZI#. Pada tanggal 23 Maret 2019 pukul 11.01 WIB.

Handayani, Riska Dewi. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Hasil Belajar PKn Siswa di Kelas V MI Terpadu Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Vol. 4 No. 2. Hlm. 107-123. Diakses pada URL https://www.google.com/search?safe=strictei=tZbJXLj0Ktn5rQG4zY7oCQ&=JURNAL+RISKA+DEWI+HANDAYANIq=JURNAL+RISKA+DEWI+HANDAYANI&gs_l=psy-ab.3...186693.192852.193266...0.0..1.1142.6783.0j15j3j3j1j0j1j1......0....1..gws-wiz .......0j0i10j33i160j33i21.Loqxr0XJotI#. Pada tanggal 23 Maret 2019 pukul 10.46 WIB.

Isrok’atun & Amelia Rosmala. (2018). Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT BumiAksara. 188 hlm.

Maulana, Dani. (2014). Model-model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz. 154 hlm.

Mudjrimin. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Gugus 02 Kopang. eJournal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 3. Hlm. 1-9. Diakses pada URL https://www.google.com/search?safe=strictei=eJfJXPqSC8nZz7sPorKvAIq=JURNAL+mudjriminq=JURNAL+mudjrimings_l=psyab.3..33i160.137660.140924..141761...0.0..0.254.1601.0j7j2......0....1..gwswiz.......0j0i13j0i13i10i30j0i13i30j0i13i5i30j0i8i13i30.OkfD0PXHcRs#. Pada tanggal 23 Maret 2019 pukul 11.15 WIB.

Nurdin, Elan Artono. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair and Share Ditinjau dari Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol. 11 No. 2. Hlm. 1-7. Diakses pada URL http://scholar.google.co.id/citations?user=xKZiNYwAAAAJ&hl=id. Pada tanggal 23 Maret 2019 pukul 11.07 WIB.

Pandie, Randi Satri Dafina Putra. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Tema Selalu Berhemat Energi Kelas IV. JPGSD. Vol. 03 No. 01. Hlm. 890-899. Diakses pada URL https://www.google.com /search?safe=strict&ei=UZjJXI-ZL4vNvgSYnrco&q=JURNA L+RANDI+SATRI+DAFINA+PUTRA+PANDIE&oq=JURNAL+RANDI+SATRI+DAFINA+PUTRA+PANDIE&gs_l=psy-ab.3..33i160.142818.15861 5..158824...0.0..0.536.6691.0j17j8j1j2j1......0....1..gws-wiz.......0i10j0j33i21j33i10i160.uB5bBoTMgXY#. Pada tanggal 23 Maret 2019 pukul 10.59 WIB.

Prasetyo, Aji Tulus. (2018). PengaruhModel Pembelajaran ThinkPair Share BerbantuPermainan Teka-Teki Berantaiterhadap Hasil BelajarTematik Siswa Kelas V SDNGayamsari 01 Semarang.Jurnal Pesona Dasar. Vol. 6No. 1. Hlm. 1-13. Diakses pada URL https://www.google.com /search?safe=strictei=8ZjJXO_7OebVz7sP5JWtiAw&q=JURNAL+AJI+TULUS+PRASETYOoq=JURNAL+AJI+TULUS+PRASETYO&gs_l=psy-ab.3...70181.74463..74868...0.0..0.568.4036.0j10j5j1j1j1......0....1..gws-wiz.......0j0i22i30j0 i22i10i30j0i13j33i21j33i160.oVv8ZC0iymU#. Pada tanggal 23 Maret 2019 pukul 10.50 WIB.

Ramadhani, Sulistyani Puteri. (2017). Effects of ApproachCooperative Learning Type(TPS) Think Pair and Share ofResults of Learning CivicEducation in Primary.American Journal ofEducational Research. Vol. 5No. 10. Hlm. 1-15. Diakses pada URL https://www.google. com/search?safe=strictq=JURNAL+SULISTYANI+PUTERI+RAMADHANI&spell=1&sa=X&ved=0ahUKEwixjorwsvrhAhU0g-YKHYk0Dl8QBQgp KAA&biw=1366&bih=657#. Pada tanggal 23 Maret 2019 pukul 11.28 WIB.

Reinita. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dalam Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Vol. 1 No. 2. Hlm. 61-73. Diakses pada URL https://www.google.com/search?safe=strict&biw=1366&bih=657ei=B5rJXP6QJo_Yz7sPsoOtwA4q=JURNAL+REINITA+DAN+DELSA+ANDRIKA&oq=JURNAL+REINITA+DAN+DELSA+ANDRIKA&gs_l=psy-ab.3..33i160.22785.26486..26675...0.0..0.829.5008.0j5j5j2j0j1j2......0....1..gws-wiz.h RoINEwIYk0#. Pada tanggal 17 Maret 2019 pukul 11.10 WIB.

Tim Penyusun. (2011). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.