Pengaruh Model Active Learning Tipe Role Reversal Question terhadap Hasil Belajar
Abstract
The purpose of this research was to determine the effect of the active learning model on the type of role reversal question on learning outcomes. The design of this research is nonequivalent control group design with the type of experimental research. The research population was 98 students. The research samples were determined through nonprobability sampling technique. Data collection techniques were carried out by using interview, observation, documentation, test techniques, and questionnaires. The results showed that there was a positive and significant influence on the use of the active learning model of the type of role reversal question on the learning outcomes of students with tcount 4.572 > ttable 2.021 (with α = 0.05).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model active learning tipe role reversal question terhadap hasil belajar. Desain penelitian ini adalah nonequivalent control group design dengan jenis penelitian yaitu penelitian eksperimen. Populasi penelitian berjumlah 98 peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik non probability sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, teknik tes dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penggunaan model active learning tipe role reversal question terhadap hasil belajar peserta didik dengan thitung 4,572 > ttabel 2,021 (dengan α=0,05).
Kata kunci: role reversal question, hasil belajar.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aminah, S. 2017. Penggunaan Model Active Learning Tipe Role Reversal Question pada Siswa SD Negeri 007 Sungai Kubu
Rokan Hilir .Vol. IV. No. 2.
Hollingsworth, P .,& Luwis, G. 2009. Active Learning: Meningkatkan Keasyikan Kegiatan di Kelas. Vol. 4. No.2
Indriani, M. 2015. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn Menggunakan Model Active Learning Tipe Role Reversal Question pada Siswa Kelas V SD Minomartani 6 Sleman Yogyakarta. Vol. 3. No. 2.
Murti, A. S. 2016. Peningkatan Hasil Belajar PKn Kelas V Menggunakan Model Active Learning (Tipe Role Reversal Question) SDN 4 Doplang Kecamatan Jati Kabupaten Blora. Vol 6. No 2.
Prastiotomo, Y. 2017. Peningkatan Hasil Belajar PKn Menggunakan Model Active Learning Tipe Role Reversal Question Pada Siswa Kelas V SD N 1 Sindu Rejo. Vol. 4. No. 2.
Sari, M. P. 2018. Pengaruh Model Role Reversal question (Bertukar Peran Membuat Pertanyaan) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran PKn di SDN Gugus V Kecamatan Cakranegara Tahun Pelajaran 2017/2018. Vol. 3. No. 2.
Silberman, M. L. 2013. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia.
Siregar, D. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn Menggunakan Model Active Learning Tipe Role Reversal Question Pada Siswa Kelas V SD 060898 Medan. Vol 7. No 4.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualiatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, E. 2017. Peningkatan Hasil Belajar PKn Menggunakan Model Active Learning Tipe Role Reversal Question Pada Siswa Kelas V SD N Tambakromo. Vol. 3. No. 3.
Tim Penyusun. 2013. Lampiran Permendikbud No. 67 Tahun 2013. Jakarta: Kemdikbud
Tim Penyusun. 2013. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.
Usri. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn Menggunakan Model Active Learning Tipe Role Reversal Question pada Siswa Kelas VI SD Negeri 020 Pangkalan Baru Kecamatan Siak Hulu. Vol 2. No 6.
Yelvarina. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn Menggunakan Model Active Learning Tipe Role Reversal Question pada Siswa Kelas V SD Negeri 114 Muara Panas. Vol. X. No 73.
Refbacks
- There are currently no refbacks.