AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN THINK PAIR SHARE SDN 3 METRO

Ema Nopitasari, Sarengat Sarengat, Supriyadi Supriyadi

Abstract


The data collecting technique obtained through non test using observation and technique test using question. Analysis using qualitative and quantitative analysis techniques.The results showed that the use of cooperative learning model type think pair share can increase the activity and student learning outcomes.

Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dilakukan dalam 3 siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui teknik non tes menggunakan lembar observasi dan teknik tes dengan menggunakan soal. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif.

Kata kunci: aktivitas dan hasil, matematika, TPS.


References


Aisyah, Nyimas. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Dirjen Pendidikan Tinggi Depdiknas. Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Fadholi. 2008. Kelebihan Think-Pair-Share.

(http://ariffadholi.blogspot.com/2009/10/metode-think-pair share.html1:55:00 PM. Tanggal akses 14 Nopember 2012, @ 09.30 WIB).

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. PT Rajawali Pers. Jakarta.

Nurseha. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. (http://nepository.ac.id/bitstream/123456789/22421/jurnal%20nurseha.pdf. Tanggal akses 20 Nopember 2012 @ 20.00 WIB).

Syarifuddin. 2008. Pembelajaran Matematika di SD. (http://syarifartikel.blogspot.com/2008/11/pembelajaran-matematika-di-sd.html.Tanggal akses 17 Nopember 2012 @ 21.37 WIB).

Tim Redaksi. 2008. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003. Sinar Grafika. Jakarta.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Kencana. Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.