Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV

Bella Oktarina, Supriyadi Supriyadi, Muncarno Muncarno

Abstract


The purpose of the research was to know the positive and significant effects on the application of the problem based learning model towards the learning outcomes. This type of research is experimental research. The research design used is non-equivalent control group design. The study population is up to 45 students. The sample was determined by using purposive sampling with 22 students. The instruments used are test and non-test. The data analysis technique used is independent statistical test sample t-test. The results showed that there was a positive and significant effect on the application of the problem based learning model to learning outcomes with n-gain 0.64 included in the medium category indicated by tcount 2.374 > ttable 2.021 (with α = 0.05).

 

 

Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Populasi penelitian berjumlah 45 orang peserta didik. Sampel penelitian ditentukan menggunakan sampling purposive dengan jumlah 22 orang peserta didik.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan uji statistik independet sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar dengan n-gain 0.64 termasuk dalam kategori sedang ditunjukkan dengan  thitung 2.374> ttabel 2.021 (dengan α = 0.05).

 

Kata kunci: problem based learning, hasil belajar


References


Asgari, Maryam. (2013). Evaluating the Learning Outcomes of International Students as Educational Tourist. Journal of Business Studies Quarterly. Volume 5. Nomor 2. Hlm. 130-140. Diakses pada URL http://www.jbsq.org/wp-content/uploads/2013/12/December_2013_9.pdf. Pada tanggal 14 Maret 2019 pukul 16.23 WIB.

Barus, Maria. (2018). The Effect of Problem Based Learning (PBL) Models Motivation Toward Students’ Learning outcomes and critical Thinking on material conductur and Isolatorat Sd Jenderal Sudirman Medan. Journal of Research & Method in Education. Volume 8. Nomor 1. Hlm 47-53. Diakses pada URL http://iosrjournals.org/iosr-jrme/papers/Vol-8%20Issue-1/Version-3/I0801034753.pdf. Pada tanggal 27 Februari 2019 pukul 10.15 WIB.

Erda, Venni. (2018). The Effect of Model Problem Based Learning of Learning Outcomes Student Course on Animal Ecology Based on Learning Styles. International Journal of Progressive Sciences and Technologies. Voulme 6. Nomor 2. Hlm 533-538. Diakses pada URL ijpsat.ijsht-journals.org/index.php/ijpsat/article/download/273/162. Pada tanggal 12 Januari 2018 pukul 20.38 WIB.

Mudlofir, Ali dan Rusydiyah, Fatimatur. (2015). Desain Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Buku Perguruan Tinggi. 286 hlm.

Novialiswati, Tia. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Pelestarian Sumber Daya Alam Indonesia. Jurnal Pendidikan. Volume 4. Nomor 1. Hlm 163-185. Diakses pada URL http://jurnalstkipsubang.ac.id/index.php/jurnal/article/download/97/pdf. Pada tanggal 17 Januari 2019 pukul 21.12 WIB.

Nursofah. (2018). The Effect of Problem Based Learning Model and Creative Thinking Ability on Students Learning Outcomes. Journal of Science and Education. Volume 2. Nomor 2. Hlm. 168-173. Diakses pada URL http://jurnal.untidar.ac.id/index.php/ijose/article/view/584/673. Pada tanggal 2 Februari 2019 pukul 09.26 WIB.

Prasetyo. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Rasa Keingintahuan Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume 5. Nomor 2. Hlm 83-93. Diakses pada URL https://unida.ac.id/ojs/jtdik/article/view/1103/pdf. Pada tanggal 4 Februari 2019 pukul 13.45 WIB.

Ramlawati. (2017). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Jurnal Sainsmat. Volume 6. Nomor 1. Hlm 1-14. Diakses pada URL http://ojs.unm.ac.id/sainsmat/article/view/6451/3684. Pada tanggal 16 Desember 2018 pukul 11.24 WIB.

Rahayu, Ika. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Kerja Sama Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Sdn Kencana Indah Ii. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume 1. Nomor 2. Hlm 219-230. Diakses pada URL http://jurnalstkipsubang.ac.id/index.php/jurnal/article/view/30/0. Pada tanggal 24 Desember 2018 pukul 10.03 WIB

Shoimin, Aris. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media. 239 hlm.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta. 334 hlm.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadia Media. 309 hlm.

Tim Penyusun. (2013). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.