Pengaruh Model Discovery Learning Berbasis Permainan Teka – Teki Silang Terhadap Hasil Belajar

Novitasari Lubis, Fitria Akhyar, Sugiyanto Sugiyanto

Abstract


The problem of this research is the completeness of the learning outcomes of thematic students who are still low. This study aims to determine the effect of discovery learning models based on crossword puzzles on the fifth grade students learning outcomes. The method used in this research is a quasi experiment with nonequivalent control group design. The study population was all fifth grade students up to 61 students. The sample of this study was V A class as a control class of 30 students and V B class as an experimental class with 31 students. The retrieval technique used is simple random sampling. The data collection techniques were done by using documentation, interviews, observation, and tests. The results of data analysis obtained conclusions that there was influence in the use of discovery learning models based on crossword puzzles.

 

Masalah penelitian ini adalah ketuntasan hasil belajar peserta didik tematik yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbasis permainan teka – teki silang terhadap hasil belajar kelas V. Metode yang digunakan penelitian adalah quasi experiment dengan nonequivalent control group design. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas V sebanyak 61 peserta didik. Sampel penelitian ini adalah kelas V A sebagai kelas kontrol sebanyak 30 peserta didik dan kelas V B sebagai kelas eksperimen sebanyak 31 peserta didik. Teknik pengambilan menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes. Hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa ada pengaruh dalam penggunaan model discovery learning berbasis permainan teka – teki silang.

 

Kata kunci: hasil belajar, model discovery learning berbasis permainan teka – teki silang


References


Permendikbud Nomor 65 Tahun 2003 No.20,Bab II Pasal 3 Tentang System Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendikbud.

Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Amelia. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Melalui Media Word Square dan Crossword Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Bahasa Arab Di Kelas III SD Islam Al Azhar Cairo Banda Aceh. E-Journal Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Program Studi Pendidikan Kimia Tahun: 2017 . Universitas Islam Negeri Ar Raniry Darussalam: Banda Aceh. https://repository.arraniry.ac.id/3365/2/Amelia.pdf Diakses Pada Tanggal 25 November 2018 Pada Pukul 09.04 WIB.

Balim. 2009. The Effect of Discovery Learning on Students Success and Learning Inquiry Learning Skills. Egitim Arastirmalari – Eurasian Journal of Educational Research,35,1—20. http://pdfs.semanticscholar.org/ Diakses pada tanggal 8 November 2018 pada pukul 12.10 WIB

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Silberman, Melvin L. 2016. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Yupita, A I, dan Subroto, T W (2013). Penerapan Model Pembelajaran Discover Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendudukan Guru Sekolah Dasar, 01(02) : 207-216 https://media.neliti.com/media/publications/250406-penerapan-model-pembelajaran-discovery-u-7b2c5559.pdf Diakses pada tanggal 3 Maret 2019 pada pukul 13.02 WIB.

Sugiyono. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabetha.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.