Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Tematik Pada Peserta Didik Di Sekolah Dasar

Wildha Wardani, Lilik Sabdaningtyas, Sugiman Sugiman

Abstract


The problem of the research were how the planning, the implementation, and the evaluation of character education through thematic learning made by the teacher for the students in Gugus Mawar, Natar, Lampung Selatan. This study aimed to find out the design of the planning, the implementation, and the evaluation of education through thematic learning made by teacher for the students. The design of this research is quantitative descriptive. The population of this research is 74 teachers. The sample used is purposive sampling with 30 teachers. The instruments were observation sheet and questionnaire. The results showed that character education planning was implemented 50% by educators, then the implementation of character education by incorporating character values such as religious, disciplined, hard work, honest, responsible for national spirit, and caring for the environment in its implementation is 100% implemented by educators, and the assessment is implemented 50% by the educators.


Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, implementasi, dan penilaian pendidikan karakter melalui pembelajaran tematik yang dibuat oleh pendidik pada peserta didik di Gugus Mawar Kecamatan Natar Lampung Selatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana rancangan perencanaan, pelaksanaan, hingga penilaian pendidikan karakter melalui pembelajaran tematik yang dibuat oleh pendidik pada peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 74 pendidik. Sampel penelitian ditentukan menggunakan purposive sampling dengan jumlah 30 pendidik. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pendidikan karakter terimplementasi 50% oleh pendidik, lalu pelaksanaan pendidikan karakter dengan memasukkan nilai-nilai karakter yaitu religius, disiplin, kerja keras, jujur, bertanggungjawab semangat kebangsaan, dan peduli lingkungan dalam pelaksanaannya terimplementasi 100% oleh pendidik, dan penilaian yang dilakukan pendidik pada peserta didik yaitu terimplementasi 50% oleh pendidik.

 

Kata kunci: integrasi nilai-nilai karakter pendidikan karakter, pembelajaran tematik


References


Benninga. 2003. The Relationship Of Character Education Implementation And Academic Achievement In Elementary Schools. Jurnal of Research in Character Education: California State University. Fresno. https://pdfs.semanticscholar.org/2d92/02906dfab091d1082344271fa38e88cc2df5.pdf. Diakses pada 17 November 2018.

Darmayanti dan Udik, BW. 2014. Evaluasi Program pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Prima Edukasia. Volume 2. Nomor 2: Universitas Negeri Yogyakarta https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/2721. Diakses pada 17 November 2018.

Dorothy, PL. 2004. Character Education in America`s School. Volume 14 Nomor 1. https://eric.ed.gov/?id=EJ794833.Diakses pada 3 Januari 2019.

Hamalik, Oemar. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasbullah. 2008. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Banjarmasin: PT Raja Grafindo Persada.

Jalaludin dan Idi, A. 2016. Filsafat Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Judiana, S. 2010. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Kurikulum. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Volume16. Khusus III. http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/519. Diakses pada 27 November 2018.

Mulyasa. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter. PT Bumi Aksara: Jakarta.

Ningsih. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter. Purwokerto: STAIN Press.

Purwanto, N. 2014. Pengantar Pendidikan. Malang: Graha Ilmu.

Rachmah. 2013. Nilai-nilai dalam Pendidikan Karakter Bangsa Yang Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Pasundan Cimahi: STKIP.

Suprihatiningrum. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak.

Soetantyo. 2012. Peranan Dongeng dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Tanggerang: Harapan Pelita.

Stovika, Darmayanti, dan Udik, BW. 2014. Evaluasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Prima Edukasi. Volume 2 Nomor 2. Universitas Negeri Yogyakarta. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/2721. Diakses pada 17 November 2018.

Wagiran. 2010. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Menyiapkan Tenaga Kerja Kejuruan dalam Menghadapi Tantangan Global. Makalah Penelitian pada Prosiding Seminar Nasional dalam Rangka Dies Natalis ke-46UNY bulan Mei 2011. Diakses dari: http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132297916/makalah%20seminar%20 nasional.pdf. Diakses pada 3 Januari 2019.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter (Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.