Pengaruh Model Problem Based Learning Menggunakan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar

Tri Noviansyah, Maman Surahman, Amrina Izzatika

Abstract


Problem of this research was the low level of students learning outcomes on integrated science learning in SD Negeri 2 Sawah Lama. This research was aimed to determine the effect of application problem based learning model use teaching aid on the students learning outcomes on integrated science learning. The method use in this research is quasi experiment method design non equivalent control group design. This research used non probability sampling with type purposive sampling technique. The instruments used are test and non test. Data were analyzed by using simple linier regression. The result of data analysis can be concluded that there was effect of application Problem Based Learning use teaching aid toward learning outcomes on integrated science learning in the fifth grade of SD Negeri 2 Sawah Lama.


Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA terpadu di SD Negeri 2 Sawah Lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning menggunakan alat peraga terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA terpadu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan teknik sampling non probability sampling dengan jenis teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan non tes. Data analisis menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil analisis data dapat disimpulankan bahwa ada pengaruh penggunaan model problem based learning menggunakan alat peraga terhadap hasil belajar pada pembelajaran IPA terpadu peserta didik kelas V SD Negeri 2 Sawah Lama.

 

Kata kunci: problem based learning menggunakan alat peraga, hasil belajar, pembelajaran IPA terpadu.


References


Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovasi, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Arsyad, Azhar. Rahman, Asfah. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Majid, Abdul.2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Samatowa, Usman. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.

Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk ImplementasiKuriklum 2013. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sastrawan, I. Kadek Marga. Zulaikha, Siti. Putra, Semara. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Kelas V Sd Gugus II Tampaksiring Gianyar. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesa. Vol.4 No. 1 Tahun 2014. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view1891. Diakses 09 Desember 2018 pukul 13.00 WIB.

Sugiyono.2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah

Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.