Pengaruh Motivasi Belajar dan Faktor Keluarga Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Ana Reza Yesia, Lilik Sabdaningtyas, Fitria Akhyar

Abstract


The problem in this research is the learning result of the fifth grade  students in elementary school are still low because of the learning motivation and family factors. The objective of this research is to find out the effect of learning motivation and family factors on the learning result of the fifth grade students of elementary school.  The type of the research is correlational. The data collecting techniques used are questionnaire (questionnaire) and documentation. This research was conducted by using 183 students and 136 students as the respondent. Test assumptions was done by using normality test, linearity test, and hypothesis test. The data analysis technique in this study is to show how much learning motivation and family factors influence the learning result of the fifth grade students in elementary school using multiple linear regression. The correlation coefficient is 3.495491541, so it shows a very high category with positive values.

 

Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik kelas V Sekolah Dasar masih rendah yang disebabkan oleh motivasi belajar dan faktor keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara motivasi belajar dan faktor keluarga terhadap hasil belajar peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini yaitu korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan menggunakan Kuesioner (angket) dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan pada sebanyak 183 peserta didik dan yang dijadikan sebagai sampel yaitu sebanyak 136 responden peserta didik. Uji asumsi menggunakan uji normalitas, uji linieritas, dan uji hipotesis. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa untuk melihat seberapa besar pengaruh motivasi belajar dan faktor keluarga terhadap hasil belajar peserta didik kelas V Sekolah Dasar dengan menggunakan regresi linier berganda koefisien korelasi sebesar 3,495491541 sehingga koefisien korelasi menunjukkan kategori sangat tinggi dengan nilai positif .

 

Kata kunci: hasil belajar, motivasi belajar dan faktor keluarga


References


Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Jamil, Husnan, et al. 2013. Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa. Solok Selatan.

Kurniawan, Didik, et al. 2014. Pengaruh Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa.

Majid, Abdul. 2016. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rahayu, Patmi Wening. 2011. Analisis Intensitas Pendidikan oleh Orang Tua dalam Kegiatan Belajar Anak, Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Surabaya: Pustaka Pelajar.

Tirtiana, Putri Chandra. 2013. Pengaruh Kreativitas Belajar, Penggunaan Media Pembelajaran Power Point, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Pada Siswa (Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.