Pengaruh Instrumen Tes Uraian Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika

Danti Ayu Wardani, Rochmiyati Rochmiyati, Ramadhan Kurnia Habibie

Abstract


The problem in this research is the effect of the implementation essay test that has not been pointed to the indicator of critical thinking ability on the students’ mathematics learning outcomes that is still low. The purpose of this research is to find out the effect of the implementation critical thinking essay test instrument to the students’ mathematics learning outcomes. The method of this research is experiment (pre-experimental) with one group pre-test-post-test design. The technique of collecting the data is done by taking test and documentation. The technique of data analysis is simple linear regression test. The result of this study shows that there is an impact of implementation of critical thinking essay test instrument to the students’ mathematics learning outcomes.

Masalah dalam penelitian ini adalah penerapan instrumen tes uraian yang belum mengacu pada indikator kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik mata pelajaran matematika masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan instrumen tes uraian kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen (pre-eksperimental) dengan desain one group pre-test-post-test. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan instrumen tes uraian kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika.

 

Kata kunci: hasil belajar, instrumen tes uraian, kemampuan berpikir kritis


References


Azizah, Mira. 2018. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan. (https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPP/article/view/13). Diakses 1 November 2018 pukul 21.12 WIB.

Chukwuyenum. 2013. Among Senior Secondary School Student in Lagos State. Journal of Research & Metode in Education. Vol. 3 Issue 5. (http://www.iosrjournals.org/iosr-jrme/papers/Vol-3%20Issue-5/D035182.pdf). Diakses tanggal 1 November 2018 pukul 15.54 WIB.

Facione, Peter. 2011. Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. (https://www.insightassessment.com/content/download/1176/7580/file/what%26why.pdf). Diakses 2 November 2018 pukul 22.32 WIB.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan. (https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/12/peringkat-dan-capaian-pisa-indonesia-mengalami-peningkatan). Diakses tanggal 1 November 2018 pukul 15.45 WIB.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. TIMSS Infographic. (http://puspendik.kemdikbud.go.id/TIMSS/Infographic). Diakses tanggal 1 November 2018 pukul 15.56 WIB.

Komariyah, Siti. 2018. Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika IAIN Tulungagung. Vol. 4 No.2. (http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/SIT42). Diakses 14 November 2018 pukul 19.12 WIB.

Learning. 2007. Framework for 21th Century Learning. Partnership for 21th Century Learning, Washington DC.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Satuan Mata Pelajaran Matematika.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 64 Tahun 2013 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.

Prihartini, Eka. 2014. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Menggunakan Pendekatan Open Ended. Jurnal Pembelajaran Pendidikan Matematika. (https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view). Diakses tanggal 2 November 2018 pukul 20.23 WIB.

Semerci, Cetin. 2005. The Infuence of the Critical Thinking Skills on the Students Achievement. Pakistan Journal of Social Sciences 3 Grace Publications. (http://docsdrive.com/pdfs/medwelljournals/pjssci/2005/598-602.pdf). Diakses tanggal 5 Maret 2019 pukul 10.00 WIB.

Thoha, Muhammad Chabib. 2003. Teknik Evaluasi Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Wijaya, Estetika Yuni. 2016. Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Jurnal Pendidikan. Pendidikan Matematika, Universitas Kanjuruan Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.