Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar Tematik
Abstract
The purpose of this research was to determine the significant influence on the application of cooperative learning model type think talk write towards learning outcomes. This type of research is experimental research. The research design used is non-equivalent control group design. The study population is 40 students. The sample was determined by using purposive sampling with 20 students. Instruments research used are documentation, observation and test. The data analysis technique was done by using independent statistical test sample t-test. The results of research showed that there are influence of cooperative learning model type think talk write towards learning results of students with tcount 2.326 > ttable 2.021 (with α = 0,05).
Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Populasi penelitian berjumlah 40 peserta didik. Sampel penelitian ditentukan menggunakan sampling purposive dengan jumlah 20 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan dokumentasi, observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan uji statistik independet sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan model kooperatif tipe think talk write terhadap hasil belajar peserta didik dengan thitung 2,326 > ttabel 2,021 (dengan α = 0,05).
Kata kunci: hasil belajar, pembelajaran kooperatif, think talk write.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VD). Jakarta: PT Renika Cipta.
Armini. 2017. Pengauh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD. e-Journal PGSD. Vol 5, No. 2 Diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10671
Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Huda, Miftahul. 2014. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Juniasih. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. Diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/788/661
Kharismawati, Candra. 2013. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Pohsanten. Diambil dari http://download.portalgaruda.org/article.php?article=105410&val=1342
Khusna , Aziztul. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Berbantu Media CD Interaktif pada Mata Pelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa. e-Journal PGSD. Vol 2, No. 1 Diambil dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/view/17907
Munib, Akhmad. 2016. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: Unnes Press.
Respati, Rahajeng Diah. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. e-Journal PGSD. Vol 2, No. 1 Diambil dari http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/19580/16211
Rizal, Muhammad Sahrul. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Kelas IV SDM 020 Kuok. Vol 2, No 1. Diambil dari http://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/37
Sary. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Berbantu Kartu Misterius Pada Pembelajaran Siswa Kelas IV SD Batusaru 6. Vol 4, No 1. Diambil dari http://journal.upgris.ac.id/index.php/malihpeddas/article/download/526/478
Tim Penyusun.2013. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Utama. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. e-Journal PGSD. Vol 2, No. 1 Diambil dari https://docplayer.info/38259759-Pengaruh-model-pembelajaran-kooperatif-dengan-strategi-think-talk-write-ttw-terhadap-hasil-belajar-ips-siswa-kelas-v.html
Yogandari. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD. e-Journal PGSD Vol 3, No. 1. Diambil dari http://download.portalgaruda.org/article.php?article=346523&val=1342&title=PENGARUH%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20KOOPERATIF%20TIPE%20TTW%20TERHADAP%20HASIL%20BELAJAR%20PKn%20SISWA%20KELAS%20V%20SD
Refbacks
- There are currently no refbacks.