Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Pada Pembelajaran Tematik Subtema Ayo Cinta Lingkungan

Apriyana Apriyana, Adelina Hasyim, Lilik Sabdaningtyas

Abstract


The aim of this research is to produce the feasible, valid and reliable social attitude assesment’s instrument at the fourth grade of elementary school. This research used feasible Research and Development (R&D) method with Borg and Gall’s approach. In collecting the data the researcher used questionnaires. The Population of this research is 24 teachers in Anggrek’s Cluster. The sample then was taken by using purposive random sampling with 12 teachers as a total sample. Furthermore, 3 teachers is taken as limited testing subject, 7 teachers as preliminary field testing testing subject, 12 teachers as field testing subject, with 30 students as assesment’s object. The data was analyzed to measure the instrument’s content validity with expert judgement. Gregory’s formula was also used to test the empirical validity then measure the reliability by Cohen Kappa’s formula. Furthermore, the result of this research shows that the social attitude assesment’s instrument developed is valid and reliable.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk instrumen penilaian sikap sosial di kelas IV SD yang layak, valid dan reliabel. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan(Research & Development R&D), dengan pendekatan Borg dan Gall.Alat pengumpul data menggunakan lembar angket. Populasi penilitian ini 24 guru yang tergabung dalam Gugus Anggrek. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive random sampling dengan jumlah sampel 12 guru. Selanjutnya ditetapkan 3 siswa sebagai subjek uji terbatas, 9 siswa sebagai subjek uji. Data dianalisis untuk mengukur kelayakan isi melalui persentase penilaian ahli. Selanjutnya pengukuran validitas empiris menggunakan rumus Gregory dan uji reliabilitas instrumen dengan rumus Cohen Kappa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian sikap sosial yang dikembangkan bersifat layak, valid dan reliabel.

Kata Kunci :
Pengembangan Instrumen, Penilaian Sikap Sosial, Pembelajaran Tematik

Full Text:

PDF

References


A. Boggs, James dkk. 2007. Experiential Learning Through Interactive Drama : A Alternative To Student Role Plays. Vol. 31. No. 6. www18.georgetown.edu/.../publication-39529.pd. Journal.

Andriani, Rini. 2014. Proses Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). [online]. http://www.membumikanpendidikan.com/2014/09/proses-pengembangan-rencana-pelaksanaan.html/281216/19:00.

Ardian, Kiki. 2014. Desain dan Pelaksanaan Pembelajaran. [online]. http://ardikikiardian.blogspot.co.id/2014/04/desain-dan-pelaksanaan-pembelajaran.html/280416/13:53.

Arif. 2014. Kegiatan Penutup Pelajaran. [online]. http://www.madrasahmedia.web.id/2014/11/kegiatan-guru-saat-menutup-pelajaran.html/120816/11:18.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta: Jakarta.

Borg, R Walter & Gall, D Meredith. 1983. Educational Research An Introduction. Fourth Edition. New York: Longman.

Cartner, Helen dkk. 2009. Exploring the R2D2 Model For Online Learning Activities to Teach Academic Language Skills. www.ascilite.org. Journal.

Dadang. 2015. Langkah-langkah Penyusunan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). [online]. http://www.dadangjsn.com/2015/06/langkah-langkah-penyusunan-rpp-rencana.html/281216/20:07

Depdiknas, 2008. Panduan Penyusunan Instrumen Penilaian. Jakarta: Depdiknas.

Guntur Nurcahyanto. 2013. Instrumen Penelitian, Validitas, Reabilitas, Tindkat Kesukaran dan Daya Beda. [online]. https://ikhtiarnet.files.wordpress.com/2013/03/uji-instrumen-penelitian-validitas-reabilitas-tingkat-kesukaran-dan-daya-pembeda1.pdf.

Joyce Bruce, dkk. 2011. Models of Teaching Model-Model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kemendikbud.2013. Menteri Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Kelas IV. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjamin Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Jakarta.

Monswela, Bernard. 2010. Democration Education in the Classroom : An Education Law Perspective. Vol. 2.No.4. www.academicjournals.org.Journal.

Mulyana, Aini. 2012. Metode Pembelajaran Bermain Peran. [online]. http://ainamulyana.blogspot.co.id/2012/02/metode-pembelajaran-bermain-peran.html100915/22:03.

Olivtika. 2013. Pembelajaran dan Model Demokratis. [online]. http:// blogspot.co.id/2013/12/pembelajaran-yang-demokratis-dan-model.html/151115/14:21.

Pramling, Inggrid, dkk. 2008. The Playing Learning Child : Towards a Pedagogy Of Early Childhood. Vol. 52.No. 6.www.elsov.se.Journal.

Purwanto, Ngalim. 2009. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rosda.

Riduwan dan Sunarto.(2012). Pengantar Statistik untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, KOmunikasi, Ekonomi, dan Bisnis. Bandung:: Alfabeta.

Sabila, Ervinda. 2014. Desain Pembelajaran. [online]. http://ervindasabila.blogspot.co.id/p/v-behaviorurldefaultvml-o.html /280216/13:44.

Sugiyono.2014.Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana syaodih. 2006. Metode Penelitian Pendidika., Bandung: Remaja Rosda Karya.

Shapiro, Shawna dkk. 2012. A Critical Role for Role-Playing Pedagogy.Vol. 29.No. 2.www.teslcanadajournal.ca.Journal.

Topkaya, Zehir, Ece. 2011. Democratic Value and Teacher Self-Efficacy Perception: A Case of Pre-Service English Language Teacher in Turkey. Vol. 36.No. 8.files.eric.ed.gov/fulltext/EJ937004.pdf.Journal.

Vinterek, Monika. 2010. How to Live Democracy in the Classroom. Vol. 1.No. 4.www.lh.umu.se. Journal.

Waluyandi, Fitra. 2014. Perilaku Demokratis. [online]. http://guru-ppkn.blogspot.co.id/2014/10/perilaku-demokratis.html/280416/21:40.

Wawin, Windra. 2015. Pendidikan Pengembangan Nilai-Nilai Demokrasi.[online]. https:// wordpress.com/pendidikan/pengembangan-nilai-nilai-demokrasi-di-sekolah/041215/15:10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.