Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipetwo Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar IPS

Salsabila Noviyanti, Maman Surahman, Sasmiati Sasmiati

Abstract


The problem in this study is the lack of social studies learning outcomes of the students. This study aims to determine the effect of using the Two Stay Two Stray type Cooperative learning model on social studies learning outcomes. This research is a type of quantitative research with a pre-experiment approach, as well as the design of one group Pretest-Posttest. The subjects in this study were grade IV elementary school students with 26 people. Data collection is done by using observation and test techniques, while data analysis is done with a simple linear regression formula. The results of the study showed that there was an effect of using the Cooperative Type Two Stay Two learning model on social studies learning outcomes. This means that learning using the Cooperative Type Two Stay Two Stray learning model can help improve social studies learning outcomes.

 

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar IPS pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini  menrupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan pre-experiment, adapun desain one group Pretest-Postest. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD, yaitu sebanyak 26 orang. Pengumpulan data yang di lakukan dengan menggunakan teknik observasi dan tes, sedangkan analisis data di lakukan degan rumus regresi linier sederhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two terhadap hasil belajar IPS. Hal ini berarti bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dapat membantu meningkatkan hasil belajar IPS.

Kata kunci : hasil belajar, Kooperatif tipe Two Stay Two Stray pembelajaran IPS



References


Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Aqib, Zainal. 2014. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Budiningsih, 2012. IBelajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Depdiknas. 2005. Standar Kompetensi Mata Pelajaran IPS. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djahiri, Kosasih. 2006. Pengajaran Studi Sosial / IPS (Dasar-Dasar Pengertian, Metodologi, Model Belajar-Mengajar IPS). Bandung: LPPIPS FKIPS IKIP.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hamzah 2008 . Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta : Bumi Aksara.

Huda 2012 . Cooperative Learning Metode, Teknik ,Struktur dan Model Terapan Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Isnjoni 2009. Cooperative Learning. Bandung : Alfabeta.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2015. Model Pembelajaran. Kata Pena.

Komalasari, Kokom 2015. Pembelajaran Konteskstual, Konsep dan Aplikasi. Alfabeta Bandung.

Lie 2008. Cooperative Learning : Memperaktikan Cooperaktive Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta :Grasindo.

Narbuko, Cholid. 2001. Metodologi Penelitian. Bandung: Bumi Aksara

Nursid Sumaatmadja 2008 Konsep Dasar IPS Jakarta Universitas Terbuka.

Pangaribuan 2013 .Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Meningkatkan Aktivitas Belajar PKN Kelas IV SD Negeri 11 Sungai Raya. Pontianak : Program Sarjana Pendidikan Universitas Tanjungpura.

Priyatno, Duwi. 2009. Belajar Olah Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Andi.

Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian (Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula). Bandung: Alfabeta.

Rusman. 2013. Model-model pembelajaran mengembangkan Profesionalisme guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sanjaya 2010 Startegi Pembelajaran Beriorentasi Standar Proses Pendidikan Jakarta .Kencana.

Sagala, Syaiful. 2008. Konsep dan Makna Pembelajaran. Jakarta. Alfabeta.

Saidiharjo.2005. Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta. FIP IKIP.

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2010. Metodologi Penelitian (Pendekatan Praktis dalam Penelitian). Yogyakarta: Andi.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soehartono, Irawan. 2004. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset. (cetakan keenam).

Sudjana. 2005. Metode Statistika Edisi Keenam. Bandung: Penerbit PT Tarsito.

Sudjarwo. 2009. Manajemen Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suharjo. 2006. Mengenal Pendidikan Dasar Teori dan Praktek. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sumaatmadja, Nursid. 2008. Materi Pokok Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. Karunika. Jakarta : Universitas Terbuka.

Sapriya, dkk. 2006. Konsep Dasar IPS. Bandung : UPI Press.

Syaiful Segala 2008 Konsep dan Makna Pembelajara Bandung : Alfabeta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SIDIKNAS). Jakarta : Pustaka Pelajar.

Uno, Hamzah. 2008. Model pembelajaran menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif. jakarta : PT Bumi Aksara.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter (Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.23960/pedagogi.v6i16.17389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.