PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS II SD

Rhadiatul Mega Audiyah, Alben Ambarita, Darsono Darsono

Abstract

The purpose of this research is to analyze and to know the positive and significant effects of outdoor learning methods to the learning result. The type of this research is experimental research. The research method is quasi experimental design. The research design is non equivalent control group design. The technique of collecting the data are non test (interview, observation, documentation), and technique test. The results showed that the average posttest of the experimental class was 81,818 higher than the control class which was 75. The completeness percentage of the experimental class posttest was 72.727% higher than the control class which was 50%. The calculation of the hypothesis testing using the independent sample t-test was obtained that thitung > ttabel or 2,062 > 2,021, meaning that there is a positive and significant effect on the application of outdoor learning methods to the learning result students of the 2nd grade of SDN.

 

Tujuan penelitian menganalisis dan mengetahui pengaruh positif dan signifikan metode outdoor learning terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Metode penelitian adalah quasi experimental design. Desain penelitian yaitu non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data yaitu teknik non tes (wawancara, observasi, dokumentasi), dan teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 81,818 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 75. Persentase ketuntasan kelas eksperimen 72,727% lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 50%. Perhitungan uji hipotesis menggunakan rumus independent sample t-test diperoleh thitung > ttabel atau 2,062 > 2,021, artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan metode outdoor learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas II SD Negeri 10 Metro Timur.

 

Kata kunci: metode outdoor learning, hasil belajar, pembelajaran tematik.

References

Anderson, Lorin. W. dan Krathwohl, David. R. 2009. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen. Yogyakarta. Pustaka Pelajar. 434 hlm.

Beatrix, Dian Ria. 2014. Pengaruh Metode Outdoor Learning terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Kelas V SDN 09 Pontianak Tenggara. Jurnal PGSD. Volume 1. Nomor 2. Hlm 1-13. Diakses pada URL http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/24115/75676575797. Pada tanggal 22 Desember 2018 pukul 14.26 WIB.

Husamah. 2013. Pembelajaran Luar Kelas Outdoor Learning. Jakarta. Prestasi Pustakaraya.

Karmila. 2016. Pengaruh Penerapan Metode Outdoor Learning Berbasis Kelompok terhadap Hasil Belajar IPS di SDN. Journal of EST. Volume 2. Nomor 1. Hlm 26-31. Diakses pada URL http://ojs.unm.ac.id/JEST/article/view/1888. Pada tanggal 22 Desember 2018 pukul 09.36 WIB.

Linawati, Heni. 2015. Pengaruh Metode Outdoor Study terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal PGSD. Volume 3. Nomor 2. Hlm 260-269. Diakses pada URL http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/15425/13975. Pada tanggal 27 Agustus 2018 pukul 09.41 WIB.

Santiningtyas, Kartika. 2012. Pengaruh Outdoor Learning Berbasis Inkuiri terhadap Hasil Belajar Materi Ekosistem. Journal of Education. Volume 1. Nomor 2. Hlm 195-202. Diakses pada URL http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe. Pada tanggal 22 Desember 2018 pukul 14.30 WIB.

Saputra, Henry Januar. 2014. Keefektifan Pembelajaran Outdoor Learning Berbasis Nilai Karakter terhadap Hasil Belajar Tematik Terintegrasi Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Meteseh Rembang. Jurnal PGRI. Volume 4. Nomor 2. Hlm 26-34. Diakses pada URL http://journal.upgris.ac.id/index.php/malihpeddas/article/viewFile/536/491. Pada tanggal 22 Desember 2018 pukul 14.31 WIB.

Sugiharti, Titis. 2017. Pengaruh Metode Outdoor Learning didukung Media Realia terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Jenis-jenis Tanah Siswa Kelas V SDN 1 Siki Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal PGSD. Volume 1. Nomor 9. Hlm 1-9. Diakses pada URL http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2017/bb128877cb2b8cc6232132be41a463c5.pdf. Pada tanggal 22 Desember 2018 pukul 09.28 WIB.

Supiani. 2018. Pengaruh Metode Outdoor Study terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal PGSD. Volume 1. Nomor 2. Hlm 1-8. Diakses pada URL http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/28542/75676578443. Pada tanggal 22 Desember 2018 pukul 14.44 WIB.

Tim Penyusun. 2013. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Sinar Grafika.

Yildirim, Gunseli. 2017. The Effect of Outdoor Learning Activities on the Development of Preschool Children. Journal of Education. Volume 37. Nomor 2. Hlm 1-10. Diakses pada URL http://www.scielo.org.za/pdf/saje/v37n2/01.pdf. Pada tanggal 27 Agustus 2018 pukul 09.49 WIB.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.