Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Problem Based Learning Cintai Lingkungan Kelas IV Sekolah Dasar Palapa

Heldina Ema Deltia, M. Thoha B.Sampurna Jaya, Arwin Surbakti

Abstract

The purpose of this research is PBL based worksheets product development, know the effectiveness, and knows the difference learning outcomes students who use lkpd based model pbl subtema let’s love the environment. The type of research used is research and development. The population of this study is 246 are fourth grade students at SDN 2 Palapa. Data collection techniques are observation, questionnaires, interviews, checklist methods, documentation, and special tests. This research product of PBL based worksheets the sub theme Let’s Love the Enviroment Beings which effectively improve the learning result of fourth grade students of elementary school. Student’s learning outcomes given by PBL based worksheets model are average pretest of experimental class learning 68.43 with standard deviation 5.88. Meanwhile, the average postest 86.50 with a standard deviation 6.51. The average of learning result of pretest of control class 61.83 with deviation standard 7.30. And the average postest 78.16 with a standard deviation 7.34.

Tujuan penelitian ini pengembangan produk LKPD berbasis PBL, mengetahui efektifitas, mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan LKPD berbasis model PBL di SDN 2 Palapa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV berjumlah 246 orang. Sampel 60 siswa. Teknik pengumpulan data observasi, angket, wawancara, metode ceklist, dokumentasi, dan tes khusus. Penelitian ini berupa produk LKPD berbasis PBL subtema Ayo Cintai Lingkungan yang efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar. Hasil belajar siswa yang diberikan LKPD berbasis model PBL yaitu rata-rata pretes hasil belajar kelas eksperimen 68,43 dengan standar deviasi 5,88. Sedangkan, rata-rata postes 86,50 dengan standar deviasi 6,51. Rata-rata hasil belajar pretes kelas kontrol 61,83 dengan standar deviasi 7,30. Dan rata-rata postes 78,16 dengan standar deviasi 7,34.

Kata kunci: LKPD, PBL, hasil belajar

Full Text:

PDF

References

Ariadi. 2017 Pengembangan LKPD berbasis model problem based learning berbentuk gambar dialog untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 15 Negeri Katon. Jurnal Pendidikan. Digilib Unilaac.id.

Arsyad, Azhar. 2004. Media Pengajaran. . Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Dole Sharon, Lisa Bloom,and Kristy K. Doss (Western Carolina University). 2017. Engaged Learning: Impact of PBL and PjBl with Elementary and Middle Grade Students. Volume 11. Western Carolina University.

Indriani, W., Murtiani, & Gusnaedi. 2014. Pengaruh Penerapan Berbasis Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. The Journal of Physics Education. Volume 2, No.2. Hal 145-152.

Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual dan Aplikasinya. Bandung: Aditama.

Mulyasa. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Mujib, Ubaidillah. 2016 Pengembangan Lkpd Fisika Berbasis Problem Solving Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Keterampilanberpikir Tingkat Tinggi. Jurnal EduFisika Vol. 01 No. 02, November 2016.

Muller Tanja and Thomas Henning. 2017. Getting Started with PBL- A Reflection. Volume 11. Issue 2. City University of Applied Sciences Bremen

Praswoto, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Permendikbud No. 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah.

Rezricha Fannie 2014 Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Poe (Predict, Observe, Explain) Pada Materi Program Linear Kelas XII SMA. Journal saintec. Vol 8. Universitas Jambi.

Riyanto, Yatim. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada.

Savrey, Jhon R..2006. overview of Problem-based Learning: Defnitions and Distinctions. Interdisplinary Journal of Problem-Based Learning Vol.1 Issue 1 Article 3 Hal. 9-20.

Sudjana, 2009. Metoda Statistika. Bandung: PT. Tarsito.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Supardi. 2013. Sekolah Efektif Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Uno, Hamzah B. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Victoria Diana Chonga, Salimah M. Salleb and Irene Poh AiCheongc. 2013. Using an Activity Worksheet to Remediate Students’ Alternative Conceptions of Metallic Bonding, American International Journal of Contemporary Research Vol. 3 No.1. Hal. 39-52.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.