PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY DENGAN MEDIA GRAFIS PADA MATEMATIKA SD

Shella Dyah Wulan Sari, Muncarno Muncarno, Kojat Sudiatmaja

Abstract


This research was classroom action resaerch method. Obsevation and test were used as the data collecting technique. Qualitative and quantitative were used to analyze data. Learning through cooperative larning model in TSTS type and graphic media showed the increasing of student’s activity. The average of student activity percentation in cycle I was 43,28% with less activity category, cycle II was 56,93% with quite activity category, and cycle III was 76,61% with active category.

Metode yang digunakan adalag penelitian tindakan. Alat pengumpul data dalam penelitian berupa lembar panduan observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Pembelajaran melalui model cooperative learning tipe TSTS dengan media grafis menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa. Persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I 43,27% dengan kategori kurang aktif, siklus II 56,93% dengan kategori cukup aktif, dan siklus III 76,61% dengan kategori aktif.

Kata kunci: TSTS, media grafis, aktivitas dan hasil


References


Angkowo dan Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Grasindo. Jakarta. 70 hlm.

Arsad Azhar. 2011. Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta. 192 hlm.

Budiningsih, Asri. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.Jakarta. 128 hlm.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Citra. Jakarta. 298 hlm.

Diyah. 2007. Keefektifan Pembelajaran Matematika Realistik pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP. (Skripsi). Universitas Negeri Semarang. Semarang. 200 hlm.

Hero. 2011. http://tekpen07b.blogspot.com/2011/01/pengertian-macam-macam-media-grafis_30.html) diakses pada tanggal 28 November 2012. Pukul 13.00

Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Pustaka Pelajar, Yogyakarta. 430 hlm.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Refika Aditama. Bandung. 321 hlm.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Rajawali. Jakarta. 311 hlm.

Lie, Anita. 2010. Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Grasindo. Jakarta. 93 hlm.

Musfiqon. 2012. Media dan Sumber Pembelajaran. PT Prestasi Pustakaraya. Jakarta. 206 hlm.

Sardiman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers. 246 hlm.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar. Surabaya. 428 hlm.

Tim Penyusun. UU No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Rineka Cipta. Jakarta. 227 hlm.

Wardani, IGAK. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka. Jakarta. 296 hlm.

Widyatun, Diah. 2012. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS). http://jurnalbidandiah.blogspot.com/. Diakses pada tanggal 27 November 2012. Pukul 08.00 WIB


Refbacks

  • There are currently no refbacks.