Pengaruh Model Cooperative Learning tipe Team Asisted Individulization terhadap Hasil Belajar Tematik

Abi Rohman, Muncarno Muncarno, Sulistiasih Sulistiasih

Abstract

The purpose of this research was to know the influence of cooperative learning model type Team Assisted Individualization to the thematic. The type of the research was experiment research. The design used in this research was non-equivalent control group design. Data collection was done using questions used to measure student learning result and questionnaires to measure the effectiveness of the implementation of Cooperative Learning models of team assisted individualization. The average posttest score in the control class is 60.88. Based on the average N-Gain experimental class with the control class is 0.35 with 0.17, the difference in Class II N-Gain is 0.18. The results of hypothesis testing using the t- test separated variance formula obtained data of 5.51, while the t-table was 2,000. The comparison shows (5.51> 2,000) means Ha be accepted (there is a significant and positive influence on the implementation of cooperative learning model type team assisted individualization  on the thematic.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model Cooperative Learning tipe team assisted individualization  terhadap hasil belajar tematik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksprimen dengan desain eksperimen Non-Equivalent Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes pilihan jamak untuk mengukur hasil  belajar siswa dan angket untuk mengukur efektivitas penerapan model Cooperative Learning tipe team assisted individualization.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttes pada kelas eksperimen sebesar 74,81. Rata-rata nilai posttest pada kelas kontrol sebesar 60,88. Perbandingan rata-rata N-Gain kelas eksperimen dengan kelas kontrol yaitu 0,35 dengan 0,17. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test separated varians diperoleh data thitung sebesar 5,51, sedangkan ttatei sebesar 2,000. Perbandingan tersebut menunjukkan (5,51> 2,000) berarti Ha diterima Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif penerapan model Cooperative Learning tipe team assisted individualization  terhadap hasil belajar tematik.

 

Kata kunci: cooperative learning, hasil belajar, team assisted individualization

References

Andayani. Nopi Ni Wayan 2014 Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization dan Motivasi Berprestasi terhadap hasil belajar IPS Siswa kelas IV SD Negeri 4 Manukaya .http : // www . ejurnal. undiksha.ac.id. Diakses pada hari Selasa tanggal 8 Mei 2018, pukul 20.55 WIB.

Budiarti . 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Team Assisted Individ-ualization Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sains Pada Siswa http://www-.ejurnaL universitas Tadulako.- ac.id. Diakses pada hari Selasa tanggal 8 Mei 2018, pukul 20.55 WIB.

Depdiknas. 2015. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan tentang Standar Nasional Pendidikan. Depdiknas. Jakarta.

Depdiknas. 2013. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang sistem Pendidikan Nasional, kebudayaan . Kemendikbud Jakarta.

Dwi Setia Nurissa .2016. "Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Team Asisted Individualization (TAI) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD Muhammadiyah Karangharjo Berbah Sleman (2015/2016). pdf diakses pada tanggal 4 mei 2018 pukul 08.46.

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model model Pembelajaran Inovatif. Ar-ruzz, Media Grub. Jakarta.

Fatmawati.2017. "Pengaruh Model Pembelajaran cooperative Tipe Team Asisted Individualization Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Peserta Didik Kelas IV MIN Bonto sunggu Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa". Fakultas Tarbiyah dan Keguru¬an UIN Alauddin Makasar. Repositori. UlN alauddin. ac . id / 965 / 1 / FATMAWATI pdf

Huda, Miftahul. 2013 . Cooperatif Learning. Pustaka Belajar. Yogyakarta.

Ningwiasih, Fajar Rahayu .2016. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Asisted Individualization Dengan Media Gratis Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VB SD Negeri 1 Raman Endra Lampung Timur. http://www. ejurnal.unila.ac.id.

Pardosi. Ronasip .2016. Pengaruh model pembelajaran kooperatif team assisted individualization terhadap Hasil Ilmu Bangunan Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK 1 Balige.. http://www jurnaLunimed .ac. id

Rusman. 2012. Pembelajaran Tematik. Rajawali Press. Bandung.

Sidik. Amelia.2015. Pengaruh model pembelajaran kooperatif team assisted individualization (TAI) terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas V SDN I Ummul Bequro Bekasi.http://www .ejurnal. com/ 2015 /09 /pengaruh pembelajaran kooperatif team assisted individualization. html.

Slavin, R. E. 2009. Cooperative Learning. (Penerjemah : Nurulita Yusron). Nusamedia. Bandung.

Sujana, I Wayan. 2014. Pengaruh Model Kooperatif ripe Team Assisted Individualization (TAI) Berbasis Peta Konsep terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus VIII Sukawati. JPGSD Vol: 2 No: I Tahun: 2014. Denpasar. Universitas Pendidikan Ganesha.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group. Jakarta.

Susanto, Ahmad . 2014. Teori Belajar dan Model Pembelajaran di Sekolah Dasar. (Jakarta: Kencana Prenada media Grup).

Sugiyono.2014. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Trianto.2011.Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Prenada Media Groub. Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.