Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa

Hendri Pratama Putra, Muncarno Muncarno, A. Sudirman

Abstract

The purpose of this study is to increase student activity and learning outcomes by applying role playing learning methods. The type of research used is classroom action research using role playing learning methods. The results of this study indicate that the application of role playing learning methods has an impact on increasing student activity and learning outcomes. In the first cycle the percentage of student completeness was 66.66 %% (active) and in the second cycle it became 90.00% (active). With the minimum completeness criteria student learning outcomes cycle I 68.96 with 66.66% completeness. And in the second cycle increased to 76.13 with 90.00% completeness. From the results of these studies it can be concluded that the application of role playing learning methods can increase student activity and learning outcomes.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran role playing. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode pembelajaran role playing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran role playing berdampak pada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus I persentase ketuntasan aktivitas siswa 66,66%% (aktif) dan pada siklus II menjadi 90,00% (aktif). Dengam kriteria ketuntasan minimal hasil belajar siswa siklus I 68,96 dengan ketuntasan 66,66%. Dan pada siklus II meningkat menjadi 76,13 dengan ketuntasan 90,00%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran role playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata kunci:aktivitas, hasil, belajar, dan role playing

References

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikuluum 2013. Jakarta. Prestasi Pustakarya.

Astuti. 2013. Efektivitas Metode Bermain Peran (Role Playing) Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Pada Anak. https://www.jogjapress.com/index.php/EMPATHY/article/view/1555. diakses pada Selasa tanggal 1 Agustus 2017 pukul 16.20 WIB.

Ayu, Rika. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa Memerankan Tokoh dalam Pementasan Drama. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/1155. diakses pada Minggu tanggal 30 Juli 2017 pukul 10.00 WIB

Baroroh, Kiromim. 2011. Upaya meningkatkan nilai-nilai karakter peserta didik melalui penerapan metode role playing. https://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/view/793.diakses pada Selasa Tanggal 1 Agustus 2017, pukul 16:00 WIB.

Basari, Ahmad. 2013. Improving character and cognitive achievement through role playing method in social studies. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/viewFile/2629/2184. diakses pada Rabu tanggal 2 Agustus 2017, pukul 19.00 WIB.

Arikunto, Suharsimi, 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara.

Dr. sayyid Ibrahim al-jabar. 2012. Tujuan Metode Pembelajaran https://pinarac.wordpress.com/2012/04/05/tujuan-metode-pembelajaran diakses pada tanggal 15 April 2015 pukul 09.00 Wib

Handayani. 2011. Metode role playing untuk meningkatkan prestasi siswa dalam pembelajaran bahasa indonesia di kelas v sekolah dasar negeri 01 suruhkalang. https: eprints.ums.ac.id/11870/. Diakses pada Minggu tanggal 30 Juli 2017 pukul 09.00 WIB

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi. Jakarta. Rajawali Pers.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (PERMENDIKNAS) Tahun 2006 tentang standar isi.

Pratiwi. 2012. Peningkatan hasil belajar melalui metode role playing dalam pembelajaran ips sekolah dasar.https: http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnalpenelitianpgsd/article/view/2987. diakses pada Minggu tanggal 30 Juli 2018 pukul 10.00 WIB.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta. Rajawali Pers.

Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung. Alfabeta.

Siska, Yulia. 2011. Penerapan metode bermain peran (role playing) dalam meningkatkan keterampilan social. https:// jurnal.upi.edu/file/4Yulia_Siska-edit.pdf. diakses pada Selasa tanggal 1 Agustus 2017 pukul 16.00 WIB.

Suasarna. 2013. Pengaruh metode pembelajaran bermain peran berbantuan asesmen kinerja terhadap hasil belajar ips dan motivasi berprestasi kelas v sdn gugus II laksamana jembrana. https:// e journal/index.php/jurnal_pendas/article/viewFile/590/376. diakses pada Rabu tanggal 2 Agustus 2017, pukul 19.00 WIB.

Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta. Prenadamedia Group.

Wicaksono. 2013. Penerapan teknik bermain peran dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan komunikasi. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bkunesa/article/view/1935. diakses pada Rabu tanggal 2 Agustus 2017 pukul 20.00

Refbacks

  • There are currently no refbacks.