Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Terhadap Hasil Belajar Tematik

Putri Amelia Sari, Alben Ambarita, Yulina H.

Abstract


The purpose of this research is to find the influence of models cooperative learning type Number Head Together of the results of learning students on the thematic classes IV SD 5 Metro Pusat. This research method was the non equivalent control group design with the type of research that was experimental research. The population in this study is all students of class IV with the number 72 students. The determination of the research sample using saturated samples. The technique of the data collecting was done by test technique. The result of hypothesis showed that there was a positive and significant influence on the application of cooerative learning model of Number Head Together  type to the students' learning.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dan positif pada model kooperatif tipe Number Head Together terhadap hasil belajar tematik pada siswa kelas IV SD Negeri 5 Metro Pusat. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain non equivalent grup design. Populasi penelitian ini adalah sejumlah 52 orang, sampel menggunakan sampling  jenuh. Alat pengumpulan data dengan lembar observasi dan instrumen tes. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan tes dan teknis analisis data berupa kuantitatif. Analisis uji hipotesis data menggunakan rumus independent sample t- test dengan bantuan program Microsoft office excel 2007. Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model cooperative learning tipe Number Head Together terhadap hasil belajar tematik.


Kata kunci: number head together, hasil belajar, tematik


References


A.M. Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Press. Jakarta.

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Alfabet. Bandung.

Brenda, A dan W, Rownia.2005. Structures for Developing Cooperative Learning Execises. Journal Internasional.

Crebrt, G. 2014. Oral Communication. Journal Of Oral Communication. Griffith Universitas. Australia (stage 6).

Dalyono. Muhammad 2012. Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta. Jakartta.

Fathurrohman, M. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif: Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Ar-Ruzz Media. Yogjakarta.

Hake, R.R. 1998. Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six- Course. Am. J. Phys., Vol. 66 No 1 (Online) http://web.mit.edu/rsi/www/2005/misc/minipaper/papers/Hake.pdf (18 Januari 2015, 20.21 WIB).

Hamdayama. 2014. Model dan Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Ghalia Indonesia. Bogor.

Hamalik. Oemar. 2011. Proses pembelajaran mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia. Bandung.

Hanafiah, Nanang & Cucu, Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Refika Aditama. Bandung.

Hermawan, 2007. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Penerbit : Universitas Terbuka.

Hendrawan, Komang. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together terhadap Hasil Belajar IPASiswaKelasIIIdi SD Gugus VIII KecamatanBulelengTahunAjaran 2016/2017. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/11014/7065. Diakses pada 4 November 2017. Pukul 15.47 WIB.

Huda, Miftahul. 2014. Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Iqbalali. 2010. NHT-Number-Head-Together. (http://iqbalali.blogspot.com/2010/01/03/nht-numbered-head-together ). Diaksed 15 April 2015.

Istiqomah. 2011.Penggunaan Metode NHT Dalam Peningkatan Pembelajaran Bilangan Bulat di Sekolah. Jurnal Dikdatika PGSD Kebuman Vol. 2, No 1. Solo: Sebelas Maret Surakarta.

Isjoni. 2010 Cooperative learning. Alfabeta. Bandung.

Kasmadi & Sunariah, Nia Siti. 2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Alfabeta. Bandung.

Kemendiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas.

Khasanah, Faridhatul. 2014. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Number Head Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 4 Metro Timur. Universitas Lampung.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Refika Aditama. Bandung.

Kurniawan, D. 2011. Analisis Kemampuan Kognitif Mahasiswa Pada Konsep Asam-Basa Menggunakan Tes Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Jurnal Kimia dan Pendidikan Vol.1 No 1.Banten : Universitas Sultan.

Kurniasih. 2016. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep & Penerapan. Kata Pena. Surabaya.

Lie. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Munawaroh. 2015. “ The Comparative Study Between The Cooperative Learning Model Of Number Head Together and Students In Social Subject.” Journal Of Reseach & Method in Education.

Murniati, Yusi. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Tamrin Yahya. Rambah Hilir. http://e-journal.upp.ac.id/index.php/mtkfkip/article/view/263. Diakses pada 7 November 2016. . Pukul 15.47 WIB

Nana Syaodih Sukmadinata. 2007. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Nurhayati. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Citra. Jakarta.

Permendikbud. 2013. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang karakteristik pembelajaran dalam kurikulum 2013. Depdiknas. Jakarta.

Rosi Novitasari. The Implementation Of Numbered Head Together In Teaching Graders. Jurnal Unessa. 2013. Volume 1 No. 1.

Wulandari,Elisa Dwi.2017.Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Number Head Together terhadap Kemampuan Mengidentifikasi OGEFungsi Organ Pernapasan Manusia Siswa Kelas V SDN Burengan Kecamatan Pesantren Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017 (Jurnal). Diakses pada alamat simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file.../025cbc167ef7ff2ecd230168bbb94342.pdf pada tanggal 9 Juli 2018 pukul 05.57 WIB

Rumiati. 2007. Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SD dan MI. Tiga Serangkai. Solo.

Siska, Yulia. 2011. Penerapan Motedo Number Head Together dalam meningkatkan keterampilan social. https://jurnal.upi.edu/file/4Yulia Siska-edit.pdf. diakses pada Selasa tanggal 1 Agustus 2017 pukul 16.00 WIB.

Sagala, Syaiful. 2012. Model-model Pembelajaran. Alfabeta. Bandung.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka cipta. Jakarta.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta.

Sanjaya, Wina. 2014. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Setiawati, Siti. 2013. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Kalam Cendekia PGSD Kebumen. Vol.3, No. 3. Universitas Sebelas Maret. Solo.

Sudjana, N. 2012. Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Watirah,Endri.2014. Peningkatan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model kooperatif tipe Number Head Together di Kelas II SDIT Al- Karima Pontianak Tenggara (Jurnal). Diakses pada alamat jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/19417 pada tanggal 9 Juli 2018 pukul 06.00 WIB

Widyatun, Diah. (2012). Model Pembelajaran Number Head Together (NHT). Diakses dari lama wb tanggal 18 juni 2016 di: http/jurnalbidandiah.blogspot.co.id/2012/04 model-pembelajaran-numbered-head-together_21.html.

Wicaksono. 2013. Penerapan model pembelajaran Number Head Together unttuk meningkatkan kemampuan komunikasi https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bkunesa/article/view/1935. diakses pada Rabu tanggal 2 Agustus 2017 pukul 20.00


Refbacks

  • There are currently no refbacks.