Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Sosial terhadap Hasil Belajar IPS Siswa

Renita Ulfa Alfina, Yulina H., Rapani Rapani

Abstract


The problem in this study was the low social studies learning outcomes of the fifth grade students of Metro East Elementary School 2. The purpose of this study was to analyze and find out the significant effect of the social inquiry learning model on social studies learning outcomes of studenT. This type of research is experimental research. The population amounted to 46 students all of which were used as research samples. The results showed that N-Gain in the experimental class 0.51 was included in the medium category. While N-Gain in the control class 0.26 is included in the low category. The N-Gain difference is 0.25 included in the medium category. Based on the testing of the hypotheses obtained data tcount of 2.73, while t table of 2.02. The comparison shows (2.73> 2.02) means that Ha is accepted, it can be concluded that there is a significant and positive influence on the use of social inquiry learning models on students' social studies learning outcomes.

 

 

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 2 Metro Timur. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri sosial terhadap hasil belajar IPS siswa kelas Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi berjumlah 46 siswa yang semuanya dijadikan sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan N-Gain di kelas eksperimen 0,51 termasuk dalam katagori sedang. Sedangkan  N-Gain di kelas kontrol 0,26 termasuk dalam kategori rendah. Selisih N-Gain tersebut adalah 0,25 termasuk dalam katagori sedang. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh data thitung sebesar 2,73, sedangkan ttabel  sebesar 2,02. Perbandingan tersebut menunjukkan (2,73 > 2,02) berarti Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif pada penggunaan model pembelajaran inkuiri sosial terhadap hasil belajar IPS siswa.

 

Kata kunci: model pembelajaran inkuiri sosial, hasil belajar IPS.


References


Artana, I Made Ari, Nyoman Dantes, & I Wayan Lasmawan. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau dari Minat Belajar Siswa Kelas V SD Negeri di Gugus VI Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem Tahun Pelajaran 2014/2015. E- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 5 (1): 1-12. Dalam URL : Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/124489-Id-Pengaruh-Model-Pembelajaran-Inkuiri-Terb.Pdf. Diakses pada 13/10/2018@10.30 WIB.

C. Villagonzalo, Erl. 2014. Process Oriented Guided Inquiry Learning: An Effective Approach in Enhancing Students’ Academic Performance. International Journal of Presented at the DLSU Research Congress. Special Issue (1): 1-6. Dalam URL: http://www.dlsu.edu.ph/conferences/dlsu_research_congress/2014/_pdf/proceedings/LLI-I-007-FT.pdf. Diakses pada 13/10/2018 @20.00 WIB

Lestari, Dewi. 2013. Penerapan Teori Bruner Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Simetri Lipat di Kelas IV SDN 02 Makmur Jaya Kabupaten Mamuju Utara. Jurnal Kreatif Tadulako. 3 (2): 129-141. Dalam URL: https://media.neliti.com/media/publications/121377-ID-penerapan-teori-bruner-untuk-meningkatka.pdf. Diakses pada 14/10/2018@14.00 WIB.

Masitoh, Ikhlasun Dwi, Marjono, & Joko Ariyanto.2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA pada Materi Pencemaran Lingkungan di Surakarta. Jurnal Bioedukasi. 10 (1):71-79. Dalam URL: http://dx.doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v10i1.11276. Diakses Pada 14/10/2018@16.00 WIB.

Nurngaeni, S., Sardjiman, P., & Murti, R. C. 2013. Penerapan Teori Bruner Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pembagian Bilangan Asli Siswa Kelas II SD Negeri 3 Bajong Bukateja Purbalingga. Jurnal Pendidikan. 2 (9): 1-8. Dalam URL: http://eprints.uny.ac.id/15678/. Diakses pada 14/10/2018@19.30 WIB.

Rafiqah, Nurfauzia. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry dan Discovery Learning terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika. 4 (1): 20-24. Dalam URL: https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/209756-Pengaruh-Model-Pembelajaran-Guided-Inqui.Pdf. Diakses Pada 14/10/2018@13.30 WIB.

Rahmad.2016. Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Sekolah Dasar. Jurnal MI. 2 (1):67-78. Dalam URL: https://media.neliti.com/media/publications/222455-kedudukan-ilmu-pengetahuan-sosial-ips-pa.pdf. Diakses Pada 04/10/2018@16.00 WIB.

Ramadhan Aji. 2015. Penerapan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 2 Metro Pusat. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Roestiyah N.K. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Saefullah, Asep, dkk. 2017. Efforts to Improve Scientific Literacy of Students through Guided Inquiry Learning Based on Local Wisdom of Baduy‟s Society. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. 3 (2): 84-91. Dalam URL: http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPI/article/view/2482. Diakses Pada 14/10/2018@20.30 WIB.

Salipah, Sudarmin, & Sri Haryani .2016 . Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Playing Card terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia Unnes. 5 (1): 1-7. Dalam URL: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined/article/download/5065/6545. Diakses Pada 14/10/2018@21.00 WIB.

Sayekti, Ika Candra. 2016. Pembelajaran IPA Menggunakan Inkuiri Terbimbing Melalui Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau dari Kemampuan Analisis Siswa. Jurnal Pendidikan Sains UMS. 4(1): 6-16. Dalam URL: http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA/article/view/1834. Diakses Pada 13/10/2018@20.30 WIB.

Sitorus, Haji Hamidun, Hasruddin, & Syahmi Edi. 2017. The Influence of Inquiry Learning Model on Student’s Scientific Attitudes in Ecosystem Topic at MTs. Daarul Hikmah Sei Alim (Islamic Junior High School) Asahan. International Journal of Humanities Social Sciences and Education (IJHSSE). 4 (11): 170-175. Dalam URL : www.arcjournals.org. Diakses pada 13/10/2018@14.30 WIB.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta. Bandung.

Sukma, Laili Komariyah, & Muliati Syam. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Saintifik. 18 (1): 59-63. Dalam URL: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/STF/article/view/3185. Diakses Pada 02/10/2018@20.15 WIB.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik. Ar-ruzz Media. Yogyakarta.

Susanti, Desilia. 2016. Pengaruh Penerapan Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Rajabasa Raya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Ural, Evrim. 2016. The Effect of Guided-Inquiry Laboratory Experiments on Science Education Students' Chemistry Laboratory Attitudes, Anxiety and Achievement. Journal of Education and Training Studies . 4 (4): 217-227. Dalam URL: https://eric.ed.gov/?id=EJ1095156. Diakses pada 14/10/2018@11.30 WIB.

Wahyuni, Sri, Darsono, & Pargito. 2016. Pengembangan Model Pembelajaran Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Sosial di Masyarakat. Jurnal Studi Sosial. 4 (1): 30-41. Dalam URL: https://media.neliti.com/media/publications/41058-ID-pengembangan-model-pembelajaran-inquiry-untuk-meningkatkan-kemampuan-memecahkan.pdf. Diakses Pada 14/10/2018@20.40 WIB.

Wijayanthi, A.A. Sagung Oka Vera, dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Tanggung Jawab Belajar dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Selatan. Volume 4. Universitas Pendidikan Ganesha. Bali.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.