PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBER HEAD TOGETHER PADA PEMBELAJARAN PKn SD

Dea Andini, Ahmad Sudirman, Rapani Rapani

Abstract


The method used in this study is action research. Observation data collection using student activity sheets, teacher performance observation sheets, and test results of students' learning. Qualitative analysis to see the data summary of student activity and teacher performance. While the quantitative analysis techniques to measure student learning outcomes data. Results of this study indicate that there is an increase in activity and student learning outcomes.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kinerja guru, dan tes hasil belajar siswa. Analisis kualitatif untuk melihat rekapitulasi data aktivitas siswa dan kinerja guru. Sedangkan teknik analisis kuantitatif untuk mengukur data hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, model, NHT.


References


Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta. Bandung. 146 hlm.

Hamalik, Oemar. 2005. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Bandung. 30 hlm.

Ibrahim, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Universitas Negeri Surabaya. Surabaya. 28 hlm.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi. PT Rajawali Pers. Jakarta. 277 hlm.

Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2009. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. PT. Indeks. Jakarta.1.3 hlm.

Tim Penyusun. UU No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Rineka Cipta. Jakarta. 227 hlm.

Wardhani, IGAK, 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka. Jakarta. 2.4 hlm.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.