Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis
Abstract
The problem in this research is the low critical thinking skills of student class IV SD Negeri 1 Tanjung Raya Bandar Lampung. The purpose of this research is to determine the influence of the Problem Solving model to critical thinking skills of students. This research method is quasi-experimental method with a nonequivalent control group design research design. The sampling technique used in this research is purposive sampling. Research data obtained from tests, observations and documentation. The data analysis techniques using Linear Regression Test. The results shows that there is influence of the Problem Solving learning model to the critical thinking skills of student class IV SD Negeri 1 Tanjung Raya Bandar Lampung.
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Tanjung Raya Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Solving terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Data penelitian diperoleh dari tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Regresi Linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Solving terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas IV di SD Negeri 1 Tanjung Raya Bandar Lampung.
Kata kunci: berpikir kritis, critical thinking skill, problem solving.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amri, Sofan. 2015. Implementasi Pembelajaran Aktif dalam Kurikulum 2013.Prestasi Pustakaraya. Jakarta.
Anto, Adi Afri, Akhdinirwanto, R. Wakhid dan Fatmaryanti, Siska Desy. 2013. Pemanfaatan Model Pembelajaran Problem Posing untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di SMP Negeri 27 Purworejo. Jurnal Pendidikan Fisika Vol. 2, No. 1 Adi Afri Anto. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/345. Diakses tanggal 16 November 2018.
Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kualitatif dan kuantitatif). Gaung Persada Press. Jakarta.
Rina, Permatasari. 2012. Peningkatan Kemampuan Perkalian Bilangan Cacah Melalui Pendekatan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 3, No. 5. Hal. 147-154.
Salim, Agus, Jamaludddin, dan Soepriyanto, Harry. 2018. The Problem Based Learning Model To Improve The Students’ Critical Thinking Ability. IOSR Journal of Research & Method in Education. Vol 8, Issue 2 Ver. I. http://www.iosrjournals.org/iosr-jrme/papers/Vol-8%20Issue-2/Version-1/G0802013640.pdf. Pada tanggal 9 November 2018.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta.
Sochibin, A, Dwijananti, P dan Marwoto, P. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terpimpin untuk Peningkatan Pemahaman dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Pendidikan Fisiska Indonesia. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI/article/view/1017. Diakses tanggal 16 November 2018.
Suardana, I Nyoman, Redhana, I Wayan, Sudiatmika, A. A. Istri Agung Rai. 2018. Students’ Critical Thinking Skills in Chemistry Learning Using Local Culture-Based 7E Learning Cycle Model. International Journal of Instruction. Vol 11 No. 2. http://www.e-iji.net/volumes/350-april-2018,-volume-11,-number-2. Pada tanggal 9 November 2018.
Refbacks
- There are currently no refbacks.