Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif

Dinda Aditiya, Rochmiyati Rochmiyati, Erni Mustakim

Abstract


The problem in this study was the low ability of creative thinking of students in grade IV. This study aimedto determine the effect of applying a scientific approach to students' creative thinking skills in grade IV. This research method was an experimental study with preexperimental design, the type of design chosen in this study is one group pretest-posttes. The study used simple random sampling, with research subjects of students in grade IV A, as many as 30 students. Data collection methods used test instruments and student activity observation sheets. Data analysis uses simple linear regression. The research results can be concluded that in thematic learning the scientific approach influences the creative thinking abilities of students in grade IV SD N 14 Padang Cermin Pesawaran.

 

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan saintifk terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas IV. Metode penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pre-experimental design, jenis desain yang dipilih dalam penelitian ini one grup pretest-posttes. Penelitian menggunakan  simple random sampling, dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV A , sebanyak 30 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan lembar observasi aktivitas peserta didik. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwa pada pembelajaran tematik pendekatan saintifik berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas IV SD N 14 Padang Cermin Pesawaran. 

Kata kunci: berpikir kreatif, pendekatan saintifik, pembelajaran tematik.


References


Djamrah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Rineka Cipta:Jakarta.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia: Bogor.

Ngalimun. 2014.Strategi dan Model Pembelajaran, Aswaja Presindo. Banjarmasin.

Sagala, Syaiful (2010). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. PT Prestasi Pustaka: Jakarta.

Santrock, Jhon W (2011). Psikologi Pendidikan. Selemba Humanika:

Jakarta.

Syofian, Siregar.2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Kencana: Jakarta.

Kemendikbud. (2013). Lampiran Permendikmud Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umun Pembelajaran. Kementrian Pendidikan dan Kebeduyaan RI:

Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.