PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY

Syaifudin Dwiantoro, Supriyadi Supriyadi, Suyanto Suyanto

Abstract


This research was Classroom Action Research (CAR) which was done in two (2) cycles. Each cycle consists of planning, implementing, observing, and reflecting. Data collecting technique was gained through non-test and test technique by using observation sheet to know the teacher performance and mastering the students’ science process skill and question test in order to find out the study result of students. The data was analyzed using qualitative and quantitative analysis technique. Result of the research showed that the implementation of Guided Discovery model can increase the science process skill and study result of student.

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui teknik non tes dan tes dengan menggunakan lembar observasi untuk mengetahui kinerja guru dan penguasaan keterampilan proses IPA siswa serta soal tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model guided discovery dapat meningkatkan keterampilan proses IPA dan hasil belajar siswa.

Kata kunci : guided discovery, keterampilan proses, hasil.


References


Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta. 128 hlm.

Firman, Harry & Ari Widodo. 2008. Panduan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SD/MI. Depdiknas. Jakarta. 188 hlm.

Hamalik, Oemar. 2005. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bumi Aksara. Jakarta. 252 hlm.

Ikromah, Nurul. 2011. Penerapan Model Guided Discovery untuk Miningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA. Skripsi tidak diterbitkan. UPI. Bandung.

Kamala, Izzatin. 2008. Pengertian Pendidikan IPA dan Perkembangannya. http://juhji-science-sd.blogspot.com/2008/07/pengertian-pendidikan-ipa-dan.html. Diakses Rabu 5 Desember 2012.

Kamiludin, Edin. 2008. Upaya Peningkatan Keterampilan Proses dan Pemahaman Konsep IPA (Fisika) Melalui Pendekatan Guided Discovery Inquiry Laboratory Lesson Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Ciamis. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Rajagrafindo Persada. Jakarta. 227 hlm.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 22 mengenai Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. 2006. Depdiknas. Jakarta.

Rustaman, Nuryani. 2011. Materi dan Pembelajaran IPA SD. Universitas Terbuka. Jakarta. 516 hlm.

Sapriati, Amalia, dkk. 2009. Materi Pokok Pembelajaran IPA di SD. Universitas Terbuka. Jakarta. 580 hlm.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung. 168 hlm.

Sukmana, Prasetya Budi. 2009. Model Pembelajaran Guided Discovery (Penemuan Terbimbing). http://prasetyabudisukmana.wordpress.com/2009/

/22/model-pembelajaran-guided-discovery-pennemuan-terbimbing/#more-3. Diakses Rabu, 26 Desember 2012.

Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Rineka Cipta. Jakarta. 312 hlm.

Sutarno, Nono, dkk. 2009. Materi Pokok Materi dan Pembelajaran IPA SD. Universitas Terbuka. Jakarta. 444 hlm.

Sutrisno, Leo, dkk. 2007. Pengembangan Pembelajaran IPA SD. Ditjen Dikti Depdiknas. Jakarta. 260 hlm.

Undang-undang Sisdiknas (UU RI No. 20 Th. 2003). 2009. Sinar Grafika. Jakarta.

Wardhani, IGAK, Kuswaya Wihardit, Noehi Nasoetion. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka. Jakarta. 296 hlm.

Widodo, Ari. 2010. Pendidikan IPA di Sekolah Dasar. UPI Press. Bandung. 247 hlm.

Winataputra, Udin S. 2008. Materi Pokok Teori Belajar dan Pembelajaran. Universitas Terbuka. Jakarta. 236 hlm.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.