PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN MEDIA GRAFIS

Ayu Lestari, Alben Ambarita, Nelly Astuti

Abstract


The method used was classroom action research through planning, acting, observating, and reflecting. The data collecting technique obtained by observation and learning result through observation and test. Data analysis technique is analysis qualitative and quantitative. The results showed that the students activities and student learning result had increase.

Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas melalui empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan observasi dan tes hasil belajar melalui lembar observasi dan tes. Teknik analisis data adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat.

Kata kunci: team assisted individualization, media grafis, aktivitas, hasil


References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi Aksara. Jakarta.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Gava Media. Yogykarta.

Hanafiah, Nanang dan Suhana, Cucu. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Refika Aditama. Jakarta.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah PTK Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Raja Grafindo. Jakarta.

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. 2006. Jakarta.

Slavin, R. E. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Nusa Media. Bandung.

Suwangsih. 2006. Model Pembelajaran Matematika. UPI PRESS. Bandung.

Syarif. Pembelajaran Matematika. Syarif Artikel Blogspot. November. 2008. Blogger. 28 November 2008 http://syarifartikel.blogspot.com/2008/11/pembelajaran- matematika-disd.html. (Diakses pada Hari Sabtu, Tanggal 27 Oktober, @ 14.30 WIB).

Tim Penyusun. 2003. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sinar Grafika. Jakarta.

Wardani, IGAK dan Wihardit, K. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.