Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation terhadap hasil belajar IPA pada peserta didik
Abstract
The problem of this research is the low student learning outcomes in SD N 7 Yosomulyo Metro. The purpose of this study was to determine the effect of Group Investigation learning models on students' learning outcomes of students in integrated learning. The method used in this study is a quasi-experimental method with nonequivalent control group design research design. This study uses purposive sampling. The instrument used in this study is the learning outcomes test and an assessment rubric of the Group Investigation learning model. Data analysis uses simple linear regression. The results showed that the Group Investigation learning model affected the learning outcomes of students in integrated learning class IV SD N 7 Yosomulyo Metro.
Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa di SD N 7 Yosomulyo Metro.Tujuan penelitian iniuntuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap hasil belajar IPA peserta didik pada pembelajaran terpadu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan purposive sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitan ini tes hasil belajar dan rubrik penilaian model pembelajaran Group Investigation. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Group Investigation berpengaruh terhadap hasil belajar IPA peserta didik pada pembelajaran terpadu kelas IVSD N 7 Yosomulyo Metro.
Kata kunci: group investigation, hasil belajar,pembelajaran terpadu.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Dimyati dan Mudjiono.2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:
PT Rineka Cipta.
Hanafiah.2010. Model Pembelajaran Membaca. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Permendikbud. 2013. UndangUndang Nomor.67 Tahun 2013 tentang: Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SD-MI.
Rakhmat, dkk. 2006. Pembelajaran SQ3R dalam Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Siregar, Eveline dan Hartini Nara.2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Sugiyono.2016.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.23960/pedagogi.v6i15.16939
Refbacks
- There are currently no refbacks.