Pengaruh Model Pembelajaran Discovery learning Terhadap Hasil Belajar Tematik Pada Siswa

Anggra Septa Aditya Putra, Lilik Sabdaningtyas, Riyanto M. Taruna

Abstract


The problem in this research is the low of thematic learning result of fourth grade students of SD Negeri 1 Sidodadi. The purpose of this research is to know the influence of discovery learning toward thematic learning result. The method used in this research is quasi experimental by using non equivalent control group design. The population in this research is all the fourth graders of elementary school in Kelurahan Kedaton which is distributed in five schools. Through  cluster technique chosen as the sample is SD Negeri 1 Sidodadi. The instrument used is a test. Data analysis using Simple Regression and t-test. The result of the research shows that there is influence of discovery learning on thematic model to the learning result of thematic in the fourth grade students and From the results of data analysis can be concluded that there are differences in student learning outcomes on thematic learning by using discovery learning compared with those not using discovery learning in the fourth grade students.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik siswa kelas IV SD Negeri 1 Sidodadi. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh  pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar tematik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental dengan menggunakan desain non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar di Keluharan Kedaton yang berdistribusi di lima sekolah. Melalui teknik clusterrandom yang terpilih sebagai sampel adalah SD Negeri 1 Sidodadi. Instrumen yang digunakan adalah tes. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana dan uji-t. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar tematik pada siswa dan ada perbedaan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik dengan menggunakan jigsaw dibandingkan dengan yang tidak menggunakan discovery learning.

 

Kata kunci: discovery learning, hasil belajar, tematik


References


Aqib, Zainal, Siti Jalyaroh, Eko Diniati, dan Khusnul Khotimah. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono.2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulumdan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto, Ngalim. 2008. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sadiman. 2012. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Shoimin, Aris. 2014. 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syah. 2004. Strategi dan metode dalam model pembelajaran. Jakarta: Referensi (GP Press Group).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.