Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Pembelajaran Terpadu
Abstract
The problem in this study is that the learning outcomes of science are still low for fourth grade students of Ismaria Al-Qur'aniyyah Elementary School Rajabasa. This study aims to determine the effect of using discovery learning models on science learning outcomes. This type of research is a type of quantitative research that is pre-experimental with one group pretest posttest design. The sample in this study were IVA grade students totaling 36 people. Data collection used in this study is test and observation, while data is analyzed by Linear Regression Test and t-Test. The results showed that there was an influence of the use of discovery learning models on science learning outcomes, this was proven that the science learning outcomes after using discovery learning models were higher than before using discovery learning models. This means the use of discovery learning models can help in improving science learning outcomes.
Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA masih rendah pada peserta didik kelas IV SD Ismaria Al-Qur’aniyyah Rajabasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang bersifat pre experimental dengan one group pretest posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IVA yang berjumlah 36 orang. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi, sedangkan data dianalisis dengan Uji Regresi Linier dan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap hasil belajar IPA, hal ini dibuktikan bahwa hasil belajar IPA setelah menggunakan model discovery learning lebih tinggi dibandingkan dengan sebelum menggunakan model discovery learning. Ini berarti penggunaan model discovery learning dapat membantu meningkatkan hasil belajar IPA.
Kata kunci : hasil belajar, discovery learning, IPA.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arindah, Agustin. 2015. Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Unesa, 3(2): Surabaya
(http://jurnalmahasiswa.unes a.ac.id/index.php/jurnalpenelitianpgsd/article/ view/15657) pada tanggal 8 Januari 2018 pukul 14.00 WIB.
Budiningsih, Asri (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bandung: Ghalia Indonesia.
Putrayasa, I Made. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1): Singaraja, Bali (https://ejournal.undiksha.ac.i d/index.php/JJPGSD/article/v iew/3087) pada tanggal 8 Januari 2018 pukul 14.45 WIB.
Sari, Ni Made Meita Purnama. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa
Kelas V Di Sd Gugus II Kecamatan Mendoyo Tahun Pelajaran 2016/2017. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2): Singaraja(https://ejournal.un diksha.ac.id/index.php/JJPG SD/article/viewFile/10830/6
pada tanggal 8 Januari 2018 pukul 16.05 WIB.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tombokan, Veibe. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Tema Peduli Terhadap Mahkluk Hidup Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD GMIM Ritey. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan. Vol 3, No 1 : Universitas Makasar (http://id.portalgaruda.org/ind ex.php?ref=browse&mod=vie warticle&article=302156 ) pada tanggal 8 Januari 2018 pukul 15.30 WIB.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SIDIKNAS). Jakarta : Pustaka Belajar.
Wardoyo, Sigit Mangun. 2013. Pembelajaran Berbasis Riset. Jakarta: Akademia Permata.
Refbacks
- There are currently no refbacks.