Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning tipe Script terhadap Hasil Belajar IPS
Abstract
The problem in this research was the low of IPS study result of grade V student of SD Negeri 10 Metro Timur. The purpose of this study to determine the positive and significant effect of the model of cooperative learning type script on the learning outcomes of social studies students of class V SD Negeri 10 Metro Timur. This type of research was experimental research. The population amounted to 43 students, all of which were used as research samples. Data collection techniques used observation, documentation studies and test techniques. Data collection tool was a matter of choice of plural that has been tested and analyzed the validity and reliability. The result of the research shows that there was a positive and significant influence on the use of cooperative learning model of script type on student learning result of IPS. This can be seen from the value of thitung 2.72, while the ttable of 2.02. The comparison shows (2,72> 2,02) means Ha accepted.
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 10 Metro Timur. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan model cooperative learning tipe script terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 10 Metro Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi berjumlah 43 siswa yang semuanya dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, studi dokumentasi dan teknik tes. Alat pengumpulan data berupa soal pilihan jamak yang sebelumnya telah diujikan dan dianalisis validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan pada penggunaan model cooperative learning tipe script terhadap hasil belajar IPS siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung 2,72, sedangkan ttabelsebesar 2,02. Perbandingan tersebut menunjukkan (2,72 > 2,02) berarti Haditerima.
Kata kunci : cooperative learning, hasil belajar IPS, script.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional.
Darmani. 2014. Pengaruh Model Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V SD. Pontianak. Unversitas Tanjungpura.
Depdiknas. 2007. Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Balitbang Puskur.
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Istorina, Ni Wy. Ayu Endang. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Script Berbantuan Media Tape Recorder Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Kelas V SD Saraswati 2 Denpasar. e-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 2 No: 1 Tahun: 2014. Sumber: http://ejournal.up.ganesh. edu/index.php/jpmanper 6 Januari 2018.
Kurniasih Dan Sani. 2015. Model Pembelajaran. Yogyakarta. Kata Pena.
Meilani, Rima. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran Volume 1, nomor 1, Agustus 2016. Sumber: http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper 04 Desember 2016.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning. Bandung. Nusa Media.
Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta. Pusataka Pelajar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.