Perbedaan Hasil Belajar Setelah Diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match

Hana Yuniarti, Herpratiwi Herpratiwi, Sugiman Sugiman

Abstract

The problem of this research was the low result of integrated thematic. The study aims to find out the difference of Cooperative Learning type Make a Match on students result. The method of this research was preexperimental research which the design used was one grup pretest posttest design. The sample of this research  was the fifth grade of SD N 3 Kartaraharja that consisted of 20  students. The sample is selected by using random sampling techniques. Data collection techniques are test. Based on the results of data analysis by t-test. The result of data analysis by using t-test showed that there is difference of implementation Cooperative Learning on students. The result showed that there was an increase between the pre-test (59,25) and the post-test (74,75). The difference between the pre-test and the post-test was statistically significant (0,00<0,05).

 

 

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 3 Kartaraharja. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah pre  experimental designs dengan desain penelitian one group pretest posttest. Sampel dalam  penelitian ini adalah keseluruhan dari jumlah populasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data menggunakan uji-T.Hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa ada perbedaan penggunaan Model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar peserta didik.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan antara pre-test (59,25) dan post-test (74,75). Perbedaan antara pre-test dan post-test secara signifikan melalui statistik adalah (0,00<0,05).

 

Kata kunci: pembelajaran kooperatif, make a match, hasil belajar.

References

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.

______. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.

AP, Ni Md Suandayani, Ni Wyn Suniasih, and I. Wyn Wiarta. 2015. "Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match Berbasis Media Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar." Mimbar Pgsd 1

(https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2594/2206).Diakses pada tanggal 11 November 2017 pukul 10.00 WIB.

Dewi, Kd Meta, I. Md Putra, And I. B. Surya Manuaba. 2015."Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Grafis Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 18 Pemecutan." Mimbar Pgsd 1

(https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2030). Diakses pada tanggal 11 November 2017 pukul 11.05 WIB.

Rusman. 2015. Teori Pembelajaran Tematik Terpadu. Rajawali Pers: Jakarta.

Shofiya, A. R. 2013. Penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe make a match Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 3 Wonogiri Tahun Pelajaran 2012/2013. SOSIALITAS; Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant, 3(2).(http://journal.eduction.ac.id/index.php/malihpeddas/article/view/070/538 ). Diakses pada tanggal 15 November 2017 pukul 13.00 WIB.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta: Bandung.

Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). Pustaka Pelajar: Jakarta.

Wiguna, I. Kadek Adi, et al. 2015. "Perbedaan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Di Gugus III Kecamatan Rendang." Mimbar PGSD 2.1.

(https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1121). Diakses pada tanggal 16 November 2017 pukul 09.00 WIB.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.