Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar

Febri Puspitaningrum, Nelly Astuti, Muncarno Muncarno

Abstract

This study aims to determine the positive and significant effect on the application of cooprative learning model thype make a match to the student’s mathematics learning outcomes. The type of this research was experiment with non equivalent control group design research design. The population of this study was the students of grade V of State Elementary School 2 Branti Raya, amounting to 66 students. Determination of sample research using saturated samples, where all members of the population serve as a sample. Technique of collecting data is done by technique of test and questionnaire. Data analysis used statistical test of t-test separated variance. The results showed that there is positive and significant influence of cooperative learning model type make a match to the student’s mathematics learning outcomes at grade V SDN 2 Branti Raya.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Branti Raya yang berjumlah 66 siswa. Penentuan sampel penelitian menggunakan sampel jenuh, dimana semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan angket. Analisis data menggunakan uji statistik t-test separated varians. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 2 Branti Raya.

 

Kata kunci: hasil belajar,  make a  match, matematika.

References

Adi. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Di Gugus Iii Kecamatan Rendang. Dalam URL: http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/donload/2146/1865. diakses tanggal 25 Maret 2018 pukul 16.00 WIB.

Arianti, Riska. 2010. Penarapan Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMPN 1 Porong. Skripsi (Tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Matematika.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Muhamadiah Malang. Tersedia pada http://digilib.umm.ac.id/files/disk1/372/jiptummpp-gdl-s1-2010-riskaarian-18597-BAB+1.pdf (diakses tanggal 27 november 2011).

Artawa, Robert. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD di Gugus 1 Kecamatan Selat. (online) Dalam URL: http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/837 (di akses pada 2 Maret, pukul 15.00 WIB)

Braag. 2007. Students’ Conflicting Attitudes Towards Games as a Vehicle for Learning Mathematics A Methodological Dilemma. Dalam URL: http://page.one.live.CF.public.springer.com/pdf/prefiew/10.1007/BF03217448. diakses tanggal 20 Maret Pukul 19.00 WIB.

Enggar. 2012. Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Make A Match. Dalam URL: http://eprints.ums.ac.id/2260012/NASKAH_PUBLIKASI.pdf diakses tanggal 18 April 2018 pukul 10.00 WIB.

Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Kemendiknas. 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Sekretariat Negara.

Komalasari, Kokom. 2014. Pembelajaran Kontekstual. Bandung. Rafika Aditama.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta. Kata Pena.

Maulaty Rahayu. 2015. Mengapa Matematika Dianggap Sulit. Dalam URL: https://www.kompasiana.com/rahayulala/mengapa-matematika-dianggap-sulit_54f677b4a33311e6048b4d86 diakses pada tanggal 10 Maret 2018 pukul 06.54 WIB.

Maulidiyah. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas V MI Raudlatul Jannah pada Materi Adaptasi Makhluk Hidup. Jakarta. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah.

Puspitarini. 2014. Ini Penyebab Nilai Matematika Indonesia Rendah. (online) diakses di http//www.okezone.com/read/2014/09/09/373/1036506/inipenyebab-nilai-matematika-indonesia-rendah (di akses pada 18 Februari 2016, pukul 09.30WIB)

Suparwadi. 2015. Pengaruh Cooperative Learningtipe Make A Match Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Dalam URL: http://jurnalbeta.ac.id/index.php/JJPGSD/article/donload/2146/1865. diakses tanggal 18 April 2018 pukul 09.00 WIB.

Susanto, Ahmad. 2014 Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Prenadamedia Group.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.