Hubungan Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar IPS Siswa SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan signifikan dan positif antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar, motivasi belajar dengan prestasi belajar, dan kecerdasan emosional dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar IPS siswa kelas tinggi SD Negeri 6 Metro Utara. Jenis penelitian yaitu ex-postfacto korelasi. Populasi berjumlah 204 siswa dan sampel penelitian berjumlah 71 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, kuesioner (angket), dan studi dokumentasi. Instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala Likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan korelasi product moment dan multiple correlation. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan signifikan dan positif antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar IPS, motivasi belajar dengan prestasi belajar IPS, dan kecerdasan emosional dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar IPS.
Kata kunci: kecerdasan emosional, motivasi, prestasi belajar.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Achievement in Relation to Intelligence of Class VII Students. Excellence International Journal of Education and Research. Vol. 1, No. 3, pp. 239-248.
Dewi, Paramita. 2014. Hubungan Kecerdasan Emosi dan Motivasi Belajar dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Klaten Tengah Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. PT Rineka Cipta. 252 hlm.
Hidanah, Iwanina. 2016. Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV SD di Kecamatan Gunungpati Semarang. Skripsi. Semarang. Universitas Negeri Semarang.
Izzaty, Rita Eka. 2017. Prediktor Prestasi Belajar Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi. Vol. 44, No. 2, pp. 153-164.
Mc.Cleskey, Jim. 2014. Emotional Intelligence and Leadership, A Review of The Progress, Controversy, and Criticism. International Journal of Organizational Analysis. Vol. 22, No. 1, pp. 76-93.
Muncarno. 2016. Statistik Pendidikan. Metro. Arthawarna. 96 hlm.
Riduwan. 2014. Pengantar Statiska Sosial. Bandung. Alfabeta. 308 hlm.
Romadona, Anggi Rizka. 2017. Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V SDN 1 Kuripan Kotaagung Tanggamus. Skripsi. Bandar Lampung. Universitas Lampung.
Sardiman, A.M. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada. 232 hlm.
Zubaedi. 2013. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta. Kencana. 234 hlm.
Refbacks
- There are currently no refbacks.