Pengaruh Index Card Match Dan Media Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD

Estri Desi Rahmawati, Sowiyah Sowiyah, Yulina H.

Abstract


This study aims to analyze and determine the positive and significant influence of active learning strategy of index card match type and image media to the students' mathematics learning outcomes. The type of this research is experiment with non equivalent control group design research design. The population of this study is the students of grade V of State Elementary School 6 North Metro, amounting to 53 students. Determination of sample research using saturated samples, where all members of the population serve as a sample. Technique of collecting data is done by technique of test and questionnaire. The results showed that there is a positive and significant effect of learning strategy of active learning strategy of index card match type and media of image to the result of learning of mathematics of Grade V students of SD Negeri 6 North Metro.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh positif dan signifikan strategi pembelajaran aktif tipe index card match dan media gambar terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 6 Metro Utara yang berjumlah 53 siswa. Penentuan sampel penelitian menggunakan sampel jenuh, dimana semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan strategi pembelajaran strategi pembelajaran aktif tipe index card match dan media gambar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 6 Metro Utara.

 

Kata kunci: index card match, matematika, media.

References


Aska, Akbar. 2014. Pengaruh Pembelajaran Active Learning dengan Strategi Index Card Match terhadap Hasil Belajar IPA Materi Energi dan Penggunaannya Siswa Kelas IV SD Bakti Mulya 400 Jakarta Selatan. Dalam URLhttp://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/24604/1/AKBAR%20%20GUNAWAN%20%20ASKA%20%28WATERMARK%29.pdf

Diakses pada tanggal 22 Juni 2018 pukul 16.00 WIB.

Detikcom. 2013. Peringkat Kemampuan Matematika Siswa di Dunia. Dalam URL https://news.detik.com/berita/d-2432402/ini-peringkat-kemampuan-matematika-siswa-di-dunia-indonesia-nomor-berapa/10 diakses pada tanggal 14 Maret 2018 pukul 04.30 WIB

Fahrizah, Mega. 2014. Pengaruh Pengaruh Penggunaan Media Gambar terhadap Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas V di SDIT Az-Zahra Pondok Petir Sawangan Depok Tahun Pelajaran 2013/2014. Dalam URL : http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/33125/1/mega%20fahrizah%20-%201110018300034%20%28watermark%29.pdf diakses pada tanggal 22 Juni 2018 pukul 16.13. WIB.

Hamalik, Oemar. 2014. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Maryati. 2015. Hubungan Antara Lingkungan Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Rajabasa Raya Kota Bandarlampung Tahun Pelajaran 20014/2015. Dalam URL : http://digilib.unila.ac.id/14547/1/ABSTRAK.pdf. Diakses tanggal 15 Februari 2018 pukul 15.45 WIB.

Maulaty Rahayu. 2015. Mengapa Matematika Dianggap Sulit. Dalam URL https://www.kompasiana.com/rahayulala/mengapa-matematika-dianggap-sulit_54f677b4a33311e6048b4d86 diakses pada tanggal 10 Maret 2018 pukul 06.54 WIB.

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogykarta. Pustaka Pelajar.

Rahmantyo, Fauzar. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Index Card Match Dan Problem Possing terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Kreativitas Belajar Siswa. Pada URL: http://eprints.ums.ac.id/36401/17/08.%20NASKAH%20PUBLIKASI.pdf. diakses pada tanggal 14 Mret 2018 pukul 22.00 WIB.

Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif . Bandung. Nusamedia.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Suprihatin, Eni. 2013. Penerapan Metode Index Card Match dalam Peningkatan Pembelajaran Bilangan Romawi Siswa Kelas IV SDN 2 Wonorejo Kecamatan Karanganyar Tahun 2012/2013. dalam URL : http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/downloadSuppFile/2041/246. Diakses pada 10 Maret 2018 pukul 23.00 WIB.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Kencana Prenadamedia Group.

Universitas Lampung. 2017. Format Penulisan Karya Ilmiah. Bandar Lampung. Universitas Lampung.

Wahyuni, Sri. 2013. Pengaruh Penggunaan Strategi Index Card Match (ICM)dalam Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Bangkinang. Pada URL http://repository.uin-suska.ac.id/2173/1/2013_20131193PMT.pdf. Diakses pada tanggal 10 Maret 2018 pukul 22.56 WIB.

Zaini, Hisyam. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta. Pustaka Insani Madani.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.