Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar
Abstract
The problem of the research was the students’ result of learning process on thematic subject was still low in grade students in Pringsewu sub-district. This research was aimed at investigating the influence of Learning Model on Students’ Learning Result. The method used in this research was pre-experimentalmethod. The research design used in this study was one group pretest posttest design. The sample of this research were fourth grade students in SD Negeri 1 Pringsewu Timur which had been selected with random sampling technique.The instruments used in this study were test result of students’ activity by problem based learning model. The data were analyzed by using t-test. Regarding to the result of the research, it can be concluded that problem based learning model influences the students’ thematic learning result on the fourth grade students in Pringsewu sub-district.
Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran tematik di SD Negeri Kecamatan Pringsewu. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar tematik siswa kelas IV. Metode yang digunakan dalampenelitian ini adalah metode pre-experimental. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah one group pretest posttest design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Pringsewu Timur yang dipilih dengan random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran problembased learning. Uji hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa bahwa model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar tematik siswa kelas IV SD Negeri Kecamatan Pringsewu.
Kata kunci: hasil belajar, problem based learning, tematik.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian (suatu pendekatan praktis). Rineka Cipta: Jakarta
Dewi, Ni Made Yulia, Ni Wayan Suniasih, and DB KT NGR Semara Putra. 2017. Pengaruh Model Problem Based Learning Bermuatan Pendidikan Karakter Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V. Jurnal MIMBAR PGSD Undiksha Vol. 5 No. 1. (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10713) Diakses pada 31 januari 2018.
Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta
Gunantara, Gede, I. Made Suarjana, and Putu Nanci Riastini. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V.Jurnal MIMBAR PGSD Undiksha Vol. 2 No. 1.
(https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2058)
Diakses pada 31 januari 2018.
Kurniasih, Imas. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Kata Pena: Surabaya.
Sastrawan, I. Kadek Marga, Siti Zulaikha, and DB KT NGR Semara Putra. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus II Tampaksiring Gianyar. JurnalMIMBAR PGSD Undiksha Vol.2 No 1.
(https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1891)Diakses pada 3 januari 2018.
Sugiyono. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualittif dan R&D. Alfabeta : Bandung.
Suharjo. 2006. Mengenal Pendidikan Dasar Teori dan Praktek. Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta.
Sutirman. 2013. Media dan model-model pembelajaran inovatif. Graha Ilmu: yogyakarta.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kemendikbud: Jakarta.
Vitasari, Rizka. 2013. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas V SD Negeri 5 Kutosari. Jurnal Kalam Cendekia PGSD Kebumen Vol. 4 No. 3. (http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/2226) Diakses pada 31 januari 2018.
Wulandari, Eni. 2013. Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD.Jurnal Kalam Cendekia PGSD Kebumen Vol. 1 No. 1. (http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/348) Diakses pada 31 januari 2018.
Refbacks
- There are currently no refbacks.