Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik Pembelajaran Tema 4 Setelah diterapkan Media Visual

Fitriyani Fitriyani, Herpratiwi Herpratiwi, Sugiman Sugiman

Abstract

The problem of this research was the low results of students learning outcomes of second grade. The purpose of the research was to analyze the defference on student learning outcomes in thematic learning theme 4 at the second grade after using visual media of SDN 03 Kartaraharja. The method used in the research was experimental research using  one group pretest posttest design and date collection was tested using 20 multiple-choice questionnaires. The results showed that posttest higher of pretest is 4,7493 after using visual media.  

 

Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik kelas II. Tujuan penelitian untuk menganalisis perbedaan hasil belajar peserta didik kelas II pembelajaran tema 4 setelah diterapkan media visual di SD Negeri 03 Kartaraharja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan one group pretest posttest design, dan cara pengumpulan data menggunakan tes dengan instrumen tes soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa nilai posttest lebih tinggi daripada nilai pretest yaitu sebesar 4,7493 setelah pembelajaran dengan media visual.

Kata kunci: hasil belajar,media visual, pembelajaran tematik.

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2012. Media Pengajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Daryanto. 2012. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas 2003. Undang- Undang RI Nomor 20, Tahun 2003 Pasal 1 ayat (1), tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Gafur, Abdul. 2012. Desain Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Kadir, Abdul dan Asrohah. 2015. Pembelajaran Tematik. Jurnal Pembelajaran. Vol. 4, No. 9. hlm. 21-24. Sumber: http://www.digilib.uns.ac.id/ Diakses 05 Desember 2017.

Koenig, A and Holbrook. 2011. Learning media assessment of students with visual media. Jurnal texas school for the Blind and visually media, Business Office, 1100 West 45th St. Vol. 4, No. 7. Sumber: http://jurnal.unipasby.ac.id/ TX 78756/3494/ Diakses pada 10 Juli 2018.

Maroa. 2012. Pembelajaran Media. Jurnal Pendidikan. Vol. 3, No. 2. hlm. 99-112. Sumber: http://www.Tadulako.ac.id/ Diakses 06 Desember 2017.

Mitchell, W. J. 2010. There are no visual media. Journal of visual culture. Vol. 4, No. 2. hlm. 257-266. Sumber: http://www.digilib.uns.ac.id/ diunduh pada 10 Juli 2018.

Nurhidayat, Fajar. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Tematik Webbed dengan Media Visual dalam Peningkatan Pembelajaran Tema Pendidikan dikelas III SDN 01 Purwogondo tahun 2014/2015. Jurnal Kalam Cendikia. Vol. 3, No. 5. hlm. 529- 533.Sumber: http://www.digilib.uny.ac.id/di akses 08 Desember 2017.

Rahman, A. 2012. Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI SD Negeri I Peusangan Bireuen Aceh. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Vol. 3, No. 2. hlm. 191-200. Sumber: http://madrasah.unaba.ac.id/ diakses pada 09 Juli 2018.

Rahmatullah, M. 2011. Pengaruh pemanfaatan media pembelajaran film animasi terhadap hasil belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 12, No. 1. hlm. 178- 186. Sumber: http://unbjms.ac.id// diakses 09 Juli 2018.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, Jamil. 2016. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suryani, Nunuk dan Leo Agung. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Sutirman. 2013. Media dan Model - Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tjahyo, Soebroto. 2010. Pengaruh media visual diruang kelas terhadap minat dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan. Vol. 3, No. 9. hlm.22-25. Sumber: http://www.jurnal.uns.ac.id/ diakses 10 Desember 2017.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.