Hubungan Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga Dan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar IPS
Abstract
This study aims to determine the significant and positive relationship between the socio-economic conditions of the family with IPS learning achievement, interest in learning with learning achievement IPS, as well as the socio-economic conditions of family and interest in learning together with learning achievement IPS. The type of research is ex-postfacto correlation. The population numbered 61 students who all became samples. Data collection techniques are documentation and questionnaire. Data analysis using product moment correlation and multiple correlation. Based on data analysis, it is known that there is a significant and positive correlation between socio-economic condition of family with IPS learning achievement, learning interest with IPS learning achievement, and also relation of socio-economic condition of family and learning interest together with IPS learning achievement.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan dan positif antara kondisi sosial ekonomi keluarga dengan prestasi belajar IPS, minat belajar dengan prestasi belajar IPS, serta kondisi sosial ekonomi keluarga dan minat belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar IPS. Jenis penelitian yaitu ex-postfacto korelasi. Populasi berjumlah 61 siswa yang semuanya menjadi sampel. Teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan korelasi product moment dan multiple correlation. Berdasarkan analisis data penelitian diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara kondisi sosial ekonomi keluarga dengan prestasi belajar IPS, minat belajar dengan prestasi belajar IPS, dan serta hubungan kondisi sosial ekonomi keluarga dan minat belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar IPS.
Kata kunci: sosial ekonomi, minat belajar, prestasi belajar IPS.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alma, Buchari. 2010. Pembelajaran Studi Sosial. Bandung. Alfabeta.
Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.
BPS. 2008. Penggolongan Pendapatan. Dalam internet https://www.bps.go.id/link- TableDinamis/view/id/917 diakses pada 26 Maret 2016.
Darsono, Max. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Semarang. IKIP Press.
Dalyono, M. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta.Rineka Cipta.
Dwiningtyas, Qori Cahya. 2016. Pengaruh Kondisi Sosial EkonomiOrang Tua dan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Se-Gugus Sukoharjo. Universitas PGRI Yogyakarta.
Herlina. 2010. Pengembangan Model-model Pembelajaran IPS. Jakarta. Prenadamedia Group.
Mayura, Evi. 2014. Hubungan Antara Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VI di SDN 20/1 Jembatan Mas. FKIP UNTAN.
Sardiman, A. M. 2016. Interaksi dan Minat belajar Mengajar. Jakarta.Raja Grafindo Persada.
Sari, Ressa Arsita. 2014. Hubungan Minat Belajar Siswa dengan Hasil Belajar IPS diSD Gugus 1 Kabupaten Kepahiang. FKIP UNIB.
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor yang,Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta.
Syah, Muhibbin. 2011. Pikologi Belajar dengan Pendekatan Baru. Jakarta. PT Grasindo Persada.
Sisdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Indonesia. Jakarta. Sistem Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
Sriyanti, Lilik. 2009. Psikologi Pendidikan. Salatiga. Salatiga Press.
Zusnani, Ida. 2013. Pendidikan Kepribadian Siswa SD-SMA. Jakarta Selatan. Tugu Publisher.
Refbacks
- There are currently no refbacks.